Selasa, 30 Maret 2010

Manfaat hujan bagi kecerdasan

Musim hujan ternyata memberikan dampak yang baik bagi otak. Peneliti Australia mendapati, hujan bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.

Sebuah tim dari University of New South Wales menanyai pembeli di Sydney selama masa dua bulan. Mereka menemukan orang bisa melalui tes ingatan lebih baik saat cuaca buruk dan pembeli sedang merasa depresi.

Penemuan itu dilaporkan di Journal of Experimental Psychology. Penelitian ini sejalan yang didapatkan sebelumnya, mahasiwa yang sedang bersedih memiliki IPK lebih tinggi dibandingkan yang bahagia.

Peneliti mengatakan bahagia cenderung menyebabkan pikiraan terlalu lepas sehingga kurang fokus dengan lingkungannya. Sedangkan mood negatif malah meningkatkan perhatian dengan lingkungan di sekitarnya menjadi kian besar.(inilah.com)

2 komentar:

  1. Bener apa enggaknya tidak banyak orang tau. tapi yang saya alami dan amati pada diri saya memang demikian. ketika hujan deras sedang turun saya lebih bisa menghafal lirik lagu, pada saat itu juga saya lebih ingat masa-masa kecil dulu (long term memori). trus katanya orang yang sedih punya lebih banyak kemampuan otak, itu juga saya alami, ketika banyak teman mengejek dan punya masalah dengan teman, saya lebih bisa konsentrasi pada pelajaran karna ada dendam yang disalurkan serta kegiatan bersama bisa dialihkan fokus pada belajar. Wawlahualam bissowab....

    BalasHapus
  2. masa sih gan ?? . ane aja kena hujan langsung sakit :( . by B7R

    BalasHapus