Minggu, 08 Mei 2011

Pemerintah Inggris Bantu £50 juta Untuk Perubahan Iklim Di Indonesia


Jakarta-Pemerintah Inggris melalui kedutaan membuat suatu komitmen mendukung pembangunan yang ramah lingkungan di Indonesia dengan meresmikan Unit Perubahan Iklim.
Unit yang di kerjakan berbagai ahli bernama United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU) ini adalah sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia  guna mencapai target perubahan iklim dan pertumbuhan yang  ramah lingkungan dan juga bertujuan untuk mencapai target dalam program yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan
” Kami (Inggris) bangga dengan terciptanya hubungan kami yang erat dengan Indonesia di segala bidang dalam kerjasama dalam perubahan iklim adalah kunci penting dalam hubungan tersebut,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull usai peresmian UKCCU di Kediamannya di Jakarta. Kamis (05/05) Malam.
Menurut Martin, dibentuknya UKCCU ini mencerminkan komitmen berbagai departemen pemerintah Inggris untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim
“ UKCCU akan membuat kontribusi Inggris semakin kuat dari sebelumnya  dan kami menantikan hubungan kemitraan yang lebih erat lagi,” ujar Martin.
Martin menjelaskan, Unit ini merupakan satu-satunya lembaga pemerintah Inggris dalam membantu penanggulangan perubahan iklim di Indonesia “ Unit ini akan memberikan bantuan pada sektor tata guna lahan, ekonomi, investasi tata kelola, dan pembangunan rendah karbon di Indonesia,” jelasnya.
Rencananya, untuk mendukung program ini, pemerintah Inggris sudah mengalokasikan dana sekitar £50 juta yang untuk digunakan selama 4 tahun kedepan dan di harapkan nantinya, UKCCU dapat ikut berperan serta dalam International Climate Fund (ICF) yang memiliki alokasi dana sebesar £2,9 milyar.
Dukungan terbentuknya UKCCU juga disampaikan Ketua Dewan Perubahan Iklim (DPI), Racmat Witoelar, menurut Rachmat, Indonesia sangat menghargai komitmen global dan program-program Pemerintah Inggris
“Kami sangat menghargai komitmen dan program-program pemerintah Inggris untuk mendukung baik upaya mitigasi maupun adaptasi perubahan iklim,
saya percaya nantinya, UKCCU akan melanjutkan komitmennya sehingga bisa lebih banyak manfaat yang bisa dirasakan di Indonesia,” kata Rachmat Witoelar yang hadir pada malam peresmian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar