Rabu, 18 Juli 2012

Cerkas Communication Resmi Akuisisi Situs jelajahunik

 Bagi yang belum tahu gan!!!! ini ada info terbaru jelajahunik.us:
BANDUNG, TRIBUN- Bagaimana caranya masuk kelompok 500 besar Alexa Indonesia dalam tempo satu tahun saja? Bagaimana pula strategi bisnis yang diterapkan, sehingga bisa mengakuisisi situs yang berada pada rangking 1.000 besar Alexa Indonesia? 

Dua epilog pertanyaaan ini menjadi domain CV Cerkas Communication, sebuah perusahaan kecil menengah bidang jasa web, konten, dan event, yang baru saja menorehkan dua prestasi cukup membanggakan untuk ukuran perusahaan pemula.

Pendiri sekaligus managing director Cerkas Communication, Muhammad Sufyan mengatakan, situs informasi kreatif miliknya, www.uniknya.com , telah menembus kelompok 500 besar Alexa Indonesia dalam tempo satu tahun (tepatnya urutan 528 per 16 Juli 2012). 


Padahal, pertama kali diperkenalkan ke publik pada 1 April 2011, rangking situs yang menyajikan info serba 5 ini masih berada di luar zona 1 juta Alexa Indonesia. Satu bulan tayang langsung meroket di rangking 250.232.

"Alhamdulillah terus naik setelah itu, masuk kelompok rangking 10.000 di akhir Mei atau dua bulan setelah tayang. Lalu, saat kami 10 bulan atau awal Februari 2012 lalu, masuk rangking 900an," katanya, seperti dikutip dari rilis yang diterima Tribun, Selasa (17/7) malam.

Meski bukan sesuatu yang baru, tidak banyak situs yang bisa masuk kelompok elit tadi. Selain karena pertumbuhan situs baru kian banyak belakangan ini, persaingan sesama situs eksisting pun kini berjalan demikian kerasnya. 

uniknya.com sendiri didirikan Sufyan bersama empat sahabatnya saat kuliah dulu di Jurnalistik Unpad Kampus Bandung, yakni Erwin Kusumah, Denni Ashar, Ammy Adhisantika, dan Galih Pakuan. Istri Sufyan, Siti Samiatun, juga menjadi figur di balik layar. 

Dengan mengusung konsep informasi serba 5 yang unik, langka, dan luput dari pandangan, situs ini kemudian berkembang menyajikan konten foto, video, data, kilas, hingga data kilasan sejarah, obituari, hingga kuotasi yang berbeda. 

Guna menguatkan konten dan memperluas bisnis, sambung Sufyan, Cerkas Communication terhitung 15 Juli 2012 lalu mengakuisisi situs informasi kreatif berbasis saduran asal Jakarta, www.jelalahunik.us yang berada di rangking 1.031. 

Situs ini sudah berdiri sejak 2009, dengan didirikan oleh dua pemuda asal Yogyakarta yang mengembara di ibukota, Zaenal Abidin dan Rudi Riono. Kedua pemuda kelahiran tahun 1988 ini memiliki passion sejenis dengan induknya di Cerkas Communication. 

"Harapan kami, ini makin memperkuat konten uniknya.com, ada penajaman materi dan merek di benak netizen (warga internet, red). Selain itu, di era kompetisi ketat dunia online sekarang, sinergi produk menjadi kewajiban tersendiri," ujarnya. (guy)

Penulis : guy
Editor : ary