Rabu, 25 Juli 2012

Kesulitan Bermain Piano? Pakai Sarung Tangan Ini!

Apa hubungan antara cedera tulang belakang dan main piano? Jawabannya adalah keduanya sama-sama membutuhkan alat ini. Mobile Music Touch keluaran Georgia Tech adalah sebuah alat yang tidak hanya membantu mengembalikan daya tangkap sensorik pada pasien cedera tulang belakang, tapi juga bisa membantu seseorang untuk belajar bermain piano. Mungkin inilah alat yang dapat merevolusi cara orang belajar bermain musik. Siapa tahu?
Konsep ini dikembangkan oleh Tanya Markow dari Georgia Tech yang bekerja sama dengan Thad Starner, peneliti dari Contextual Computing Group di institusi yang sama. Alat ini terdiri dari sarung tangan, kotak pengontrol, dan 5 motor getar (bagi setiap jari tangan) yang saling berhubungan. Getaran yang dihasilkan akan memberikan efek ganda, tergantung pada cara sarung tangan ini digunakan.
Pertama, getaran diketahui memiliki efek pemulihan pada orang dengan tangan yang mati rasa akibat dari cedera tulang belakang. Kedua, fungsi dari getaran sarung tangan ini adalah untuk membantu orang yang ingin belajar bermain piano dengan cara yang tidak biasa.
Selain sarung tangan, dibutuhkan keyboard khusus dengan lampu pada setiap tuts yang akan menyala berdasarkan lagu yang dimainkan. Ketika lampu keyboard menyala, motor akan bergetar pada jari yang  "dianjurkan" untuk menekan tuts. Dengan cara demikian, orang akan lebih mudah mempelajari alat musik.
Sedangkan, untuk pasien dengan masalah sensorik, Tanya Markow menjelaskan bahwa alat ini dapat membuat beberapa orang mengambil suatu objek dengan lebih mudah. Mobile Music Touch dapat memberikan manfaat yang mengejutkan bagi orang-orang yang lemah ataupun kehilangan sistem indera karena cedera sumsum tulang belakang. Ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana sistem komputer dapat dipakai untuk mengubah kehidupan seseorang.