Kamis, 19 Juli 2012

Organisme yang Berumur Sangat Panjang

Di dunia ini banyak sekali makhluk hidup yang berumur panjang. Dulu, di zaman para Nabi, manusia dapat hidup hingga ratusan tahun, namun seiring perkembangan zaman yang berdampak pada perubahan lingkungan, pola hidup dan pola makan manusia, jarang sekali manusia hdapat hidup hingga seratus tahun lebih.



Namun demikian, bukan berarti tak ada lagi makhluk hidup berumur panjang. Menurut Telegraph, organisme dari spesies yang dapat berproduksi secara aseksual hingga kini mampu bertahan hidup hingga ratusan, bahkan ratusan tahun, karena pola reproduksi secara aseksual menghindarkan mereka dari mutasi dan parasit.Organisme mana sajakah itu? Ini;

1
. Posidonia oceanica
Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.


2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia


Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.


3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry


Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.


4. Larrea tridentata atau creosote bush

Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.


5. Populus tremuloides atau quaking aspen

Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.



6. Picea mariana atau black spruce

Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.


sumber