Sabtu, 04 Agustus 2012

Klinik di Jepang Menyediakan jasa Pembuatan Replika Janin 3 Dimensi


Menanti kelahiran anak adalah saat-saat penuh kebahagiaan yang dialami oleh setiap orangtua. Saat ini, dengan teknologi USG, orangtua sudah bisa melihat foto bayi mereka bahkan sebelum sang ibu melahirkan. Dan itu adalah momen-momen yang sungguh spesial. Menyadari hal tersebut, sebuah perusahaan Jepang hendak memberikan pengalaman yang lebih mengesankan lagi kepada para orangtua, dengan mengabadikan bentuk janin mereka dalam bentuk replika 3D.
Klinik wanita Parkside Hiroo Ladies Clinic di Mintao-ku, Tokyo, bekerjasama dengan Fasotec, menyediakan jasa khusus untuk membuat replika 3D dari janin seorang pasien.
Jika kamu sering berwisata atau sering mendapat oleh-oleh, kamu pasti pernah melihat pajangan atau gantungan kunci yang berisi kepiting, kelomang dan hewan-hewan malang lainnya yang diawetkan dalam genangan resin. Replika Janin ini bentuknya sama, cuma isinya bukan dari berbagai hewan laut, melainkan replika 3D dari janin didalam perut seorang ibu.
Bagaimana proses pembuatannya? Pertama, sang ibu harus di-scan menggunakan mesin yang disebut MRI. Data dari hasil scan tersebut kemudian diolah oleh software 3D khusus dan dioper kedalam mesin printer 3D. Printer kemudian akan mencetak bentuk janin kita memakai resin putih dan menyelimutinya dengan resin transparan.
Sayangnya, jasa yang disebut dengan "Shape of an Angel" tersebut masih cukup mahal. Pasien harus menyediakan uang sebanyak 100.000 yen atau sekitar 12 juta rupiah untuk satu model.