Selasa, 30 Oktober 2012

4 Hantu Yang Sering Menggentayangi Gedung Putih

(jelajahunik.us) Selain dikenal sebagai gedung pemerintahan, White House atau Gedung Putih yang terletak di alamat 1600 Pennsylvania Avenue merupakan salah satu bangunan paling berhantu di Amerika. Selama puluhan tahun, khususnya di dekade-dekade awal, para presiden dan keluarganya mengalami masa-masa perang, serangan penyakit, depresi dan bahkan kematian.
Setelah pindah ke Gedung Putih pada tahun 1945, Harry Truman menulis pada istrinya Bess tentang kediaman baru mereka:
"Aku duduk di rumah tua ini ... sambil mendengarkan para hantu berjalan bolak-balik di lorong dan bahkan disini di ruang belajar. Lantai dan tirai bergerak maju mundur—aku bisa membayangkan Andy [Jackson] dan Teddy [Roosevelt] sedang beragumen mengenai Franklin [Roosevelt]."
Berikut 4 hantu yang sering dirumorkan bergentayangan di rumah besar tersebut.

1. Abigail Adams
John dan Abigail Adams adalah penghuni pertama dari Gedung Putih yang saat itu masih dalam masa konstruksi di akhir abad ke-18. Meskipun mereka tidak tinggal lama, namun Abigail (setidaknya hantunya) meninggalkan kesan yang bertahan lama di rumah tersebut.
Ruangan masih banyak yang sedang dibangun, kemudian sang Ibu Negara memutuskan menjemur pakaian di Ruang Timur karena menurutnya disana paling hangat dan kering. Bertahun-tahun kemudian, ruangan ini digunakan untuk resepsi, dan anggota administrasi Taft melaporkan melihat hantu Ny. Adams, mengenakan topi dan syal berenda dengan lengan direntangkan seakan sedang membawa cucian, berjalan lewat. Sebagian orang lain bahkan mencium aroma lembut dari sabun di ruangan itu.
2. Andrew Jackson
Hantu Andrew Jackson, presiden ke-7 AS, muncul ketika masa kepresidenan Abraham Lincoln. Mary Todd Lincoln pada tahun 1865 bercerita bahwa dia benar-benar bertemu dengan hantu Jackson "yang suka membantah" di bekas tempat tidurnya. Ny. Lincoln melaporkan mendengar Jackson menginjak-injak dan memaki/ngomel-ngomel di kamar lamanya.
Pada tahun 1950an, Rose Room atau Kamar Mawar mendapatkan reputasi sebagai lokasi paling berhantu di Gedung Putih. Para pengunjung melaporkan suara-suara tertawa keras dan titik-titik di ruangan itu yang terasa dingin.
3. Dolley Madison
Dolley Madison adalah istri dari James Madison, presiden keempat negara AS. Dia dikenal senang berkebun.
Dialah yang pertama kali menanam mawar-mawar Gedung Putih yang terkenal, dan dipercaya rohnya masih sering kembali untuk memeriksa bunga-bunga yang disayanginya.
Hampir se-abad kemudian, ketika Ibu Negara Edith Wilson mencoba memindahkan kebun itu, para pekerja melaporkan melihat penampakan Dolley yang sedang marah besar dan mereka pun langsung berhenti kerja.
4. Abraham Lincoln
Bapak negara AS yang juga dikenal dengan sebutan Honest Abe ini merupakan hantu Gedung Putih yang paling umum dilaporkan.
Tapi kisah supranatural keluarga Lincoln telah dimulai sejak mereka masih hidup. Pada tahun 1862, setelah putranya Willie meninggal, Mary Todd Lincoln sangat putus asa dan ia pun menjumpai ahli spiritual untuk mencoba berkomunikasi dengan putra tercintanya. Dia mengadakan ritual seance di Gedung Putih, yang juga dihadiri Abe.
Abraham Lincoln sendiri dikenal memiliki minat dalam bidang metafisika. Dalam suratnya kepada temannya Joshua Speed pada tahun 1842, ia menulis, "Aku selalu memiliki ketertarikan kuat pada mistisisme." Ia juga telah melihat bagaimana ia akan mati dalam mimpinya.
Sejumlah penghuni Gedung Putih melaporkan melihat sosok Abraham Lincoln atau merasakan kehadirannya. Istri Calvin Coolidge, GRace melihatnya berdiri, memandang keluar jendela Oval Office (Ruang Oval) melintasi sungai Potomac hingga bekas medan Perang Sipil.
Ibu Negara lainnya, termasuk Eleanor Roosevelt, yang menggunakan kamar tidur Lincoln sebagai ruang belajar dan Lady Bird Johnson, melaporkan "merasakan kehadirannya."
Ketika Winston Churchill mengunjungi Gedung Putih selama Perang Dunia II, sang Perdana Menteri Inggris melaporkan ia baru keluar dari kamar mandi ketika menemukan hantu Lincoln duduk dekat perapian di ruangannya. Kemudian, Ronald Reagan bercerita ketika putrinya Maureen dan suaminya, Dennis menyaksikan, dalam waktu yang berbeda-beda, sosok transparan menggunakan topi tinggi berdiri dekat jendela kamar tidur Lincoln.
Tapi jangan takut. Dipercayai bahwa roh Lincoln baik dan bergentayangan hanya untuk membantu selama masa-masa krisis.