Selasa, 23 Oktober 2012

4 Penyakit yang Sering Menyerang Kucing Tua

(Jelajahunik.us)Ketika menua, hewan peliharaan tentu membutuhkan perawatan ekstra. Seperti juga kucing yang mulai menua. Beberapa hal, terutama kesehatan mereka harus mendapatkan perhatian khusus dari Anda. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering menyerang kucing tua, seperti dilansir oleh She Knows (12/03).

1. Penyakit mata

Seperti juga manusia, kesehatan mata kucing seringkali memburuk ketika mereka menua. Pastikan Anda memeriksakan mata mereka ketika mengunjungi dokter hewan. Jika kucing Anda mengalami kebutaan atau penglihatannya berkurang, maka sebaiknya Anda melatih mereka untuk membiasakan diri dan menghapalkan lingkungan. Letakkan tempat makan, minum, dan tempat tidur mereka di tempat yang tetap.
2. Tulang keropos

Selain mata, kesehatan tulang kucing juga harus diperiksa secara teratur. Jika kucing mengalami tulang keropos, tak ada salahnya memberikan mereka suplemen kalsium. Selain itu, pastikan juga kucing Anda tidak melompat dari tempat yang tinggi atau menabrak barang-barang.
3. Gigi ompong

Gigi kucing juga bisa keropos dan copot ketika mereka menua. Jika ini terjadi pada kucing Anda, ganti jenis makanannya. Mereka mungkin sudah tak bisa memakan makanan kering atau ikan. Ganti makanan mereka dengan ikan kalengan yang lebih mudah dimakan tanpa gigi. Sebelum gigi kucing Anda mulai copot dan keropos, Anda juga bisa menggosok gigi mereka atau meminta perawat hewan melakukannya untuk Anda.
4. Penyakit dalam

Kucing dari segala usia bisa terkena penyakit jantung, namun kucing tua lebih rentan terkena penyakit ini sekaligus penyakit lainnya. Selalu periksa kesehatan organ dalam kucing ketika mengunjungi dokter hewan secara teratur. Ketika luput dari pemeriksaan, penyakit jantung pada kucing tua bisa menjalar menjadi penyakit paru-paru, tekanan darah tinggi, dan penyakit serius lainnya.

Seperti manusia, kucing menua pada waktu yang berbeda-beda. Pastikan Anda selalu memberikan perawatan terbaik dan menyiapkan biaya kesehatan mereka di usia tua.


Sumber : http://www.merdeka.com/gaya/4-penyakit-yang-sering-menyerang-kucing-tua.html