Selasa, 30 Oktober 2012

Benarkah Wortel Bagus Untuk Mata?


(jelajahunik.us) Selama Perang Dunia II, pesawat-pesawat Jerman seringkali menjatuhkan bom di Britania Raya (Inggris). Pada awal 1940an, orang Inggris memasang rangkaian stasiun radar di sepanjang pantai selatan Inggris supaya pebom Jerman bisa dideteksi dan ditembak sebelum mencapai daratan.

Tak ingin Jerman mengetahui mereka memiliki teknologi ini, agen intelijen Inggris memulai kampanye propaganda yang memfokuskan pada daya pandang luarbiasa para prajurit mengawaki pertahanan, termasuk Letnan Penerbangan John Cunningham, pilot RAF yang dijuluki "Cat's Eye - Mata Kucing" karena kemampuannya menandai para pebom dalam kegelapan malam.

Pandangan menakjubkan Cat's Eyes ini kemudian dihubungkan dengan diet wortel. Kampanye itu melebar hingga Kementrian Makanan, yang memproduksi pamflet-pamflet memasak yang informatif mengenai wortel dan sayuran akar lainnya, seringkali 'dibintangi' oleh Dr. Carrot dan slogan "Carrots keep you healthy and help you see in the blackout. - Wortel menjaga kesehatan Anda dan membantu Anda melihat dalam gelap gulita."

Orang Jerman, penduduk Inggris dan para orangtua di seluruh dunia memercayai informasi tersebut dan mengulanginya selama berdekade kemudian.

Propaganda Inggris memberikan wortel kredit lebih dari yang pantas didapatkannya. Wortel tidak akan menjadikan Anda seperti Cat's Eyes, tapi wortel bagus untuk kesehatan mata secara keseluruhan karena kaya akan beta-karoten, sebuah pigmen carotenoid yang merupakan prekusor penting bagi vitamin A.