Minggu, 21 Oktober 2012

Fakta Unik,Ternyata Mengetik Akan membuat Anda Lebih Bodoh

 

Apakah anda tahu? Ternyata, seorang anak atau pelajar yang lebih sering menggunakan tangannya untuk mengetik dikomputer malah akan membuat menjadi lebih bodoh. Sedangkan seorang anak atau pelajar yang sering menulis dengan tanggannya malah akan lebih cepat belajar. Kenapa bisa seperti itu?

Pernyataan diatas merupakan hasil dari penelitian profesor dari Stavanger University Norwegia, Anne Mangen, serta Jean-Luc dari Marseille University.

Menurut keduanya, saat melakukan riset yang dimana membagi atas dua kelompok, yaitu kelompok yang mengetik menggunakan komputer dan kelompok yang menulis dengan tangan. dari hasil riset tersebut, ternyata seorang anak atau pelajar yang menulis dengan tangan lebih cepat belajar dibangingkan dengan anak yang mengetik di komputer.

Kenapa bisa begitu? Menurut kedua profesor ini, pada saat anak membaca dan menulis, seorang anak akan lebih banyak melibatkan berbagai indera. dan untuk bisa mengenali huruf, maka akan melibatkan bagian otak yang bernama sensorimotor. Sehingga otak akan lebih bekerja efektif dibandingkan dengan mengetik di komputer.

Hal ini juga terkait dengan aktivitas berbicara, yang dimana otak akan lebih aktif pada saat kita mendengar kata-kata yang terkait dengan kegiatan fisik daripada mendengar kata-kata yang abstrak.

http://forum.viva.co.id