Senin, 22 Oktober 2012

Fenomena Alter Ego di Dunia Maya


(jelajahunik.us) Tahukah kamu apa itu sebenarnya alter ego? Jika kita sebagai manusia di dunia nyata menyukai diri kita apa adanya. Diri kita yang enerjik, ceria, ramah dan sering melakukan hal-hal baik. Namun jika kita melakukan alter ego kita akan melakukan apa yang menjadi sebaliknya atau berusaha menjadi orang lain dan bukan menjadi diri sendiri.
Alter ego biasanya dilakukan oleh seseorang untuk mencari simpatik dari orang lain. Seseorang yang merasa dirinya kurang menarik di dunia nyata, dia akan melakukan hal sebaliknya dalam dunia maya.
Banyak orang yang melakukan alter ego ini sering bermunculan di berbagai situs jejaring sosial, misalnya Twitter atau Facebook.
Sebagian menganggap kegiatan alter ego ini merupakan kegiatan yang menyenangkan. Karena dengan mengubah sifat yang lain dari biasanya, seseorang akan bebas mengekspresikan dirinya yang sangat berbeda.
Contohnya saja, seseorang yang biasa penurut dan suka disuruh sama orang lain. Namun, jika sudah di dunia maya dia akan updatestatus seperti ini,
“9U3 INI 4N4K M3T4L!! Y4n9 B3R4N! MAC3M-M4C3M 4M4 GU3, GU3 B4NTAAAAII!!”
Di dunia maya orang yang melakukan alter ego, bisa dengan bebas meluapkan perasaannya. Termasuk dengan tulisan gaya anak 4L4Y. Yang sebenernya bisa merusak alat penglihatan dan perasaan seseorang mudah emosi (hehe :p).
Atau misalnya orang dengan sifat ceria, ramah dan tegar dalam menghadapi masalah. Jika sudah di dunia maya akan seperti ini,
“Semusim terasa hampa tanpa dirimu. Lebih baik aku mati jika harus hidup tanpamu”
Orang yang biasanya tegar di dunia nyata, sebenarnya dia adalah jomblo yang udah lama gak punya pacar. Dia update status kayak gitu biasanya buat menarik perhatian lawan jenis dan buat nambah followers. Lebih baik perhatikan asal-usulnya sebelum mem-follow karena siapa tahu dia agen penjual manusia haha..
Orang yang biasa menyendiri, sedih, pemalu dan anti sosial pun akan melakukan hal sebaliknya. Jika di dunia maya, dia akan seperti ini,
“Hai ceman-ceman cemuanya hari ini ayo kita goyang dangdut yuuuk! Lagunya Keong Racun Sinta-Jojo. MAJALENGKA DIGOYAAAAANGG!!”
Orang pemalu biasanya akan sulit mengekspresikan diri karena emang sifatnya pemalu. Tapi sebenarnya dia sangat suka bergoyang apalagi diiringi musik dangdut. Tapi karena dia pemalu jadilah dia gak bisa goyang dangdut sepuasnya dan Cuma bisa goyang virtual di dunia maya (kasian yah..).
Di atas beberapa contoh fenomena alter ego yang sering ditemukan di dunia maya. Orang-orang melakukan hal tersebut umumnya untuk mengekspresikan perasaan atau hanya sekedar untuk cari jodoh. Ya, siapa tau dari dunia maya bisa dapet jodoh yang sesuai.
Itu sekedar info untuk menambah pengetahuan kalian para pembaca setia JadiBerita. Mau percaya monggo mau percaya gak percaya juga silahkan. Gue saranin agar memakai akal sehat ketika membaca tulisan ini

http://jadiberita.com/