Senin, 22 Oktober 2012

Robot Kursi Roda yang Bisa Menaiki Tangga dari Chiba Institute of Technology, Jepang


(jelajahunik.us) Para penyandang cacat yang dalam aktivitas hariannya selalu menggunakan kursi roda, mungkin bisa berharap banyak pada kursi roda hasil karya Chiba Institute of Technology, Jepang, yaitu robot kursi roda yang mampu menaiki tangga.
Robot Kursi Roda
Robot kursi roda yang dioperasikan menggunakan joystick untuk mengontrol kecepatan dan arah gerakan ini mudah di gunakan. Pengguna robot kursi roda ini tidak akan direpotkan dengan pengaturan yang rumit, karena di buat layaknya kursi roda pada umumnya. Bedanya robot kursi ini mampu mendeteksi perbedaan ketinggian lantai yang ada di depannya.
Ketika robot kursi roda ini mendeteksi beda tinggi di depannya, misalnya sebuah tangga, maka roda-roda pada robot kursi ini akan terangkat untuk melakukan langkah. Robot ini juga didesain untuk mampu melewati turunan dengan tetap mempertahankan posisi pengguna dan menjaga keseimbangannya.
Robot kursi roda ini juga memiliki kemampuan untuk berputar searah jarum jam maupun sebaliknya. Anda bisa melihat demo robot kursi roda tersebut pada video di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar