Sabtu, 20 Oktober 2012

Senyum Dulu: Buka Kulkas Ini dengan Senyuman


 (jelajahunik.us) Untuk mendorong agar orang-orang selalu tersenyum, peneliti dari Jepang membangun sebuah kulkas yang hanya bisa dibuka secara efektif jika kita tersenyum.
Ini adalah The Happiness Counter, sebuah kulkas biasa dengan teknologi yang sedikit luar biasa. Lihat titik hitam di bagian atas pintu? Itu adalah kamera dari digital Sony CyberShot dengan teknologi smile-recognition. Bukan teknologi yang baru memang, tapi peneliti dari Universitas Tokyo berhasil memanfaatkan teknologi tersebut untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.
Kulkas ini dirancang agar bisa terbuka apabila seseorang mendekatinya dengan tersenyum. Karena para pengembangnya percaya jika senyuman dapat mengurangi beban hidup yang membuat kita seringkali merasa frustasi, kegiatan sederhana itu juga dapat meningkatkan mood kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Lalu bagaimana dengan nasib orang-orang yang baru saja putus dari pacar, atau jarinya kegencet pintu lemari? Tak masalah. Kulkas ini masih bisa dibuka walaupun orang dihadapannya lagi tantrum gulang-guling sekalipun. Hanya saja, orang itu harus membuka pintunya lebih keras.