Minggu, 04 November 2012

4 Manfaat Ngunyah Makanan Secara Benar

Mengunyah makanan yang baik adalah mengunyah secara perlahan hingga terasa halus lalu di telan. Akan tetapi sering kali kita mengabaikan hal ini dengan mengunyah secara cepat makanan kita. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapat bila mengunyah makanan secara baik dan benar. Manfaat tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini.
Berikut beberapa manafaat dari mengunyah secara benar, seperti dilansir dari Boldsky.
1. Membuat Anda cepat kenyang
Ketika Anda makan perlahan, otak mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal ini mengurangi dorongan untuk makan secara berlebihan. Mengetahui kapan Anda harus berhenti makan bisa membantu penurunan berat badan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.
2. Membantu pencernaan
Ketika mengunyah, air liur memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal ini membuat makanan mudah masuk ke sistem pencernaan. Enzim alpha amilase dan lipase lingual, yang diproduksi oleh kelenjar ludah, dapat membantu memecah karbohidrat dan lemak.
3. Kebersihan mulut
Mengunyah dengan benar dapat membantu melawan bau mulut lho. Selain itu, air liur juga dapat membunuh bakteri berbahaya dan menghilangkan partikel makanan di sekitar gigi.
4. Produksi air liur
Mengunyah dengan benar dapat mendorong produksi air liur. Air liur dapat membantu melembutkan dan mengubah tekstur makanan. Selain itu, mengunyah juga membantu penyerapan nutrisi makanan yang diserap oleh air liur.
Mengunyah makanan dengan benar dapat mengurangi masalah pada sistem pencernaan Anda. Jadi, kunyahlah makanan Anda dengan benar sebelum menelan.