Rabu, 07 November 2012

5 Fakta Hatsune Miku

(jelajahunik.us)


1. Siapakah Hatsune Miku?
Hatsune Miku adalah nama dari software singing synthesizer yang dikembangkan oleh Crypton Future Media dengan menggunakan sofware Vocaloid2 milik YAMAHA. Hatsune Miku merupakan Vocaloid2 Jepang pertama (31 Agustus 2007) dan Vocaloid2 kedua setelah Engloid Sweet Ann. Nama dari Hatsune Miku mengandung arti "the first sound of the future" yang didapat dari kombinasi kata Hatsu (初, first), Ne (音, sound), dan Miku (未来, future). Karakter Hatsune Miku diciptakan oleh KEI dan suara Miku mengambil sample suara dari voice actress Saki fujita. Hatsune Miku digambarkan sebagai gadis remaja berumur 16 tahun dengan tinggi 158cm dan berat 42 kg dengan karakter item spring onion.
Pada tanggal 30 April 2010 untuk kedua kalinya Miku "dilahirkan" di dunia. Maksud dari kata dilahirkan adalah pada tanggal tersebut telah dirilis Hatsune Miku versi Append. Hatsune Miku versi Append merupakan update dari Miku yang berisi enam data suara baru yang terdiri dari: soft, sweet, vivid, dark, solid, dan light. Pada 10 Oktober di acara Comic-con New York, Ito Hiroyuki (CEO Crypton) mengumumkan jika total likes di page facebook Hatsune Miku mencapai 39,390 "likes" maka English voicebank untuk miku akan dikembangkan. Project ini dinamakan "Project MIKUCASH." Tak berselang lama total likes mencapai ketentuan yang disepakati (sampai saat ini telah ada 320 ribu lebih 'likes") dan akhirnya pihak Crypton mengumumkan akan merilis English voicebank tapi belum dikonfirmasi apakah akan menggunakan Vocaloid2 atau Vocaloid3. Rencananya Hatsune Miku English voicebank akan dirilis pada petengahan tahun 2012. Lamanya proses dikarenakan sample suara Miku yaitu voice actress Saki Fujita harus belajar bahasa Inggris terlebih dahulu agar Miku mampu melafalkan kata dengan cukup jelas.

Saki Fujita

Vocaloid 2 - CV01 Hatsune Miku - Ballade (Full Ver.)


Hatsune miku append official demo


【English Miku】-Ballet Mécanique-【Full Demo】


2. Gara-gara Miku....
Gara-gara Mikulah software Vocaloid menjadi terkenal dan mendunia. Sebelum kehadiran Hatsune Miku software Vocaloid sangat sedikit penggunanya bahkan penjualan software Vocaloid yang hanya menyentuh 1,000 unit sudah bisa dibilang sangat bagus. Tanggal 31 Agustus 2007 Vocaloid2 Hatsune Miku dirilis dan 12 hari pertama sebanyak 3,000 unit software Vocaloid2 Hatsune Miku telah dipesan. Total sebanyak 60,000 unit lebih software Vocaloid2 Hatsune Miku terjual dan menjadikannya sebagai salah satu software musik terlaris. Seiring dengan penjualan yang tinggi banyak pengguna Vocaloid2 Hatsune Miku yang mengupload hasil karya mereka ke situs Nico Nico Douga, sebuah situs Jepang mirip Youtube dimana komentar yang kita tulis tentang sebuah video akan muncul secara live di video tersebut. Begitu banyak lagu yang di diciptakan dengan menggunakan Miku dan dari sekian banyaknya lagu yang di upload ke Nico Nico Douga ternyata banyak pula lagu yang mendapat sambutan luar biasa baik dari penggemar vocaloid atau pengguna internet lainnya. Lagu lagu karya ryo(supercell) seperti Melt, World is Mine atau Black Rock Shooter mampu mendapatkan jutaan view beberapa saat setelah di posting di Nico Nico Douga. Supercell merupakan salah satu produser vocaloid yang mampu menjelma menjadi produser musik yang diperhitungkan di jagat musik Jepang dan dikenal secara luas di dunia. Tentu selain supercell masih banyak produser vocaloid vocaloid lainnya yang "mendunia" misal: minato, Dixie Flatline, iroha, daniwell, ZANEED. 40mP, 164, buzzG, baker, 19's Sound Factory, Keeno, Travolta, kz, OSTER Project, wowaka, doriko, DECO*27, AVTechNO, caz, whoo, SOSOSO dan masih banyak lagi........ 
3. Sukses Hatsune Miku di Industri Musik
Booming miku di dunia maya juga berimbas di dunia nyata, terbukti banyaknya album musik yang menggunakan suara Miku dan mampu mendapatkan respon yang baik dari masyarakat umum. Sejak kemunculannya pada 31 Agustus 2007 sudah banyak lagu yang menggunakan suara Miku dan video yang menampilkan Miku. Album yang menggunakan software Vocaloid2 Hatsune Miku pun sudah banyak dirilis dan tak sedikit pula yang mampu mencatat angka penjualan yang baik dan bahkan mampu menduduki peringkat pertama Oricon Album Weekly Chart. Beriku list album feturing Hatsune Miku yang mampu berada di 10 besar Oricon Chart (maaf kalau ada album yang terlewat):

1.
judul album: Re:package
nama artis: Livetune
tanggal rilis: 9 September 2008
posisi tertinggi Oricon Chart: 5
download via mikudb
2
 judul album: Supercell feat Hatsune Miku
nama artis: Supercell
tanggal rilis: 4 Maret 2009
posisi tertinggi Oricon Chart: 4
download via mikudb
3
judul album: Hatsune Miku Best ~impacts~
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 26 Agustus 2009 
posisi tertinggi Oricon Chart: 4
download via MF
4.
 judul album: Hatsune Miku Best ~memories~
nama artis: Various artis
tanggal rilis: 26 Agustus 2009
posisi tertinggi Oricon Chart: 5
download via MF
5
judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocaloanthems Feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artis
tanggal rilis: 15 September 2010
posisi tertinggi Oricon Chart: 5
download via mikudb
6.
  judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalostar feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artis
tanggal rilis: 17 Juni 2009
posisi tertinggi Oricon Chart: 10
download via mikudb
7
 judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalolegend feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 20 Januari 2010
posisi tertinggi Oricon Chart: 8
download via mikudb
8
 judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalogenesis feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 19 Mei 2010
posisi tertinggi Oricon Chart: 1
(album vocaloid pertama yang mampu duduki posisi puncak Oricon Album Weekly Chart)
download via mikudb
9.
 judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalonexus feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 19 Januari 2011
posisi tertinggi Oricon Chart: 1
download via mikudb
10.
     judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalonation Feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 6 Juli 2011
posisi tertinggi Oricon Chart: 1
download via mikudb
 11.
  judul album: EXIT TUNES PRESENTS Vocalocluster feat. Hatsune Miku
nama artis: Various artists
tanggal rilis: 19 Oktober 2011
posisi tertinggi Oricon Chart: 4
download via mikudb (sumber : ANN, ANN, Oricon, Wikipedia, dan sumber lainnya (terlalu banyak untuk ditulis satu persatu))
Sebenarnya masih ada banyak album bahkan single vocaloid lainnya yang mampu masuk Oricon Chart tapi karena kesulitan mencari informasi, terpaksa hanya 11 album diatas yang bisa saya informasikan. Album album diatas rata rata mampu terjual sebanyak belasan ribu hingga puluhan ribu keping dalam minggu pertama rilis. Untuk album EXIT TUNES merupakan album yang berisi lagu lagu hit dari beberapa produser dan tidak hanya menggunakan suara Hatsune Miku tapi juga vocaloid lainnya. Saat ini album album vocaloid juga bisa dibeli oleh fans di luar Jepang lewat iTunes milik Apple, Amazon MP3, dan toko online lainnya. Pada Mei 2010 single The World is Mine Feat. Hatsune Miku" resmi dirilis di Amerika Serikat melalui Amazon dan iTunes. Pada minggu pertama World is Mine menempati peringkat ke 7 kategori lagu Internasional yang paling banyak diunduh di iTunes.Keberhasilan album album vocaloid tak lepas dari tangan dingin para produser yang mampu menciptakan musik dan lirik yang hebat.
Kebershasilan Hatsune Miku dan Vocaloid lainnya tidak begitu mengejutkan karena tingkat kepopuleran Vocaloid terutama Hatsune Miku di dunia maya sangat tinggi. Lebih dari 100,000 lagu dibuat menggunakan software Vocaloid2 Hatsune Miku selain itu juga tercatat sampai Agustus 2011 sebanyak 366,000 video di Youtube dan 92,000 video di Nico Nico Douga yang berhubungan dengan Miku dan vocaloid lainnya telah diposting oleh fans dan produser vocaloid. (sumber: ANN
Untuk situs Nico Nico Douga sendiri teratat 28,587 video yang berhubungan dengan vocaloid telah diposting antara 1 Juli hingga 15 Desember 2011. Dari 28,587 video sebanyak 9,904 video berhubungan dengan Hatsune Miku dengan jumlah view sebanyak 23,847,081. (sumber: vocaloidism)   


4. Hatsune Miku ada dimana-mana
Ketenaran Miku di dunia maya juga terjadi di dunia nyata hal ini membuat Miku ada dimana-mana mulai dari poster di jalan-jalan atau kereta api, iklan di TV, game Project Diva untuk PSP, PS3, dan PS Vita (akan rilis tahun 2012) serta game Project Mirai untuk Nintendo 3DS yang akan dirilis bulan Maret 2012, Miku juga memiliki action figure dan nendoroid, bahkan Miku memiliki tim balap mobil sendiri yang berlomba di ajang SuperGT class GT300 sejak 2008 hingga sekarang.

Snow Miku 2012 Train @ Sapporo
Hatsune Miku - ✰Toyota Corolla✰ - All spots compilation
sekilas video:
Video di atas merupakan kompilasi beberapa versi iklan corolla miku yang digunakan untuk promosi mobil Toyota Corolla khusus wilayah Amerika Serikat. Iklan tersebut juga penampilan resmi pertama Miku di hadapan publik Amerika Serikat. Toyota juga terlibat sebagai salah satu sponsor utama konser Mikunopolis yang berlangsung 2 Juli 2011.

Google Chrome: Hatsune Miku (初音ミク)
sekilas video:
Video diatas merupakan video iklan Google Chrome Jepang terbaru yang menapilkan hatsune Miku. iklan yang juga diposting ke Youtube oleh akun resmi Google Japan ini mampu meraih 1 juta view hanya dalam waktu 4 hari.

Hatsune Miku -Project DIVA- [PSP] Trailer

 【Hatsune Miku】 Project DIVA 「Dreamy Theater 2nd」 Official Trailer PSP/PS3

 Hatsune Miku Project mirai - Long Trailer - 3DS 

 Next Hatsune Miku Project DIVA (PS Vita Teaser)
 beberapa macam figure Miku yang diproduksi oleh Good Smile Company
Miku versi nendoroid
 Studie GLAD BMW Z4 2008 Super GT
 Studie GLAD BMW Z4 2009 Super GT
 GoodSmileRacing with Cox Porche 911 GT3 2010
 GoodSmileRacing with Cox Porche 997 GT3 2010
 GoodSmileRacing-Studie with TeamUKYO BMW Z4 GT3 2011 (juara umum SuperGT Japan 2011 class GT300)
5. Hatsune Miku Live Concert
Layaknya seorang diva yang terkenal, pastilah konsernya banyak dinanti oleh para fans. Hal tersebut juga berlaku untuk Hatsune Miku yang dijuluki virtual diva atau virtual idol yang konsernya selalu dinanti oleh penggemar Miku.

Animelo Summer Live
Miku tampil untuk kali pertama di depan publik layaknya penyanyi sungguhan pada saat event yaitu Animelo Summer Live di Saitama Super Arena pada 22,23 Agustus 2009. Animelo adalah konser selama dua hari yang menapilkan puluhan artis yang membawakan lagu lagu anime yang populer. Animelo yang merupakan konser lagu anime terbesar yang diadakan setiap tahun pada musim panas sejak tahun 2005. Pada ajang Animelo Summer Live 2009 -RE:BRIDGE- Miku tampil di hari pertama konser dan membawakan dua buah lagu yaitu Miku Miku Miku ni Shite Ageru ♪ dan Black Rock Shooter. Tahun 2011 Miku kembali hadir di ajang yang sama kali ini di adakan di Shanghai. Dalam konser yang bertajuk Anisama in Shanghai Miku membawakan sebuah lagu yang berjudul Miku Miku Miku ni Shite Ageru ♪.

 penampilan Miku di ajang Animelo Summer Live 2009 ReBridge

Miku no Hi Kanshasai 39's Giving Day Live in Tokyo 2010
Pada tanggal 9 Maret 2010 diadakan konser live solo pertama Hatsune Miku bertajuk "Miku no Hi Kanshasai 39's Giving Day" yang bertempat di Zepp Tokyo. Kali ini Miku tampil di panggung konser dalam wujud Hologram 3D yang diproyeksikan ke layar transparan khusus sehingga menghasilkan efek seolah Miku hadir secara nyata di panggung. Konser berjalan meriah dan tak henti-hentinya ribuan penonton bersorak. Dalam konser tersebut juga menampilkan vocaloid2 Crypton lainnya yaitu Kagamine Rin, Len dan Megurine Luka. Lagu lagu yang dibawakan di konser tersebut merupakan lagu yang ada di game ritme besutan SEGA yang berjudul Hatsune Miku: Project Diva. Konser ini luar biasa sukses bahkan banyak media asing yang memberitakan konser ini. Sejak konser "Miku no Hi Kanshasai 39's Giving Day" nama Hatsune Miku lebih mendunia banyak orang yang menjadi tahu apa itu vocaloid (termasuk saya) setelah menonton video konser "Miku no Hi Kanshasai 39's Giving Day" yang di posting di Youtube.
 Hatsune Miku - Disappearance of Hatsune Miku Live in Tokyo, Japan

Tahun 2011 setidaknya ada empat konser resmi Miku yang telah digelar. Berikut sekilas tentang konser-konser Miku di tahun 2011:
1. Mikupa♪ Hatsune Miku 39′s Live in Tokyo 2011
Zepp Tokyo
9 Maret 2011
sekilas konser: 
Mikupa♪ Hatsune Miku 39′s Live in Tokyo 2011 merupakan live konser vocaloid kedua. Kali ini video gambar Miku, Rin, Len, dan Luka tidak diproyeksikan ke layar transparan seperti konser tahun 2010 melainkan ke sebuah black box diatas panggung. Sebelum Miku tampil ada kejutan spesial yaitu voice actress Aizawa Mei bertindak sebagai opening actres yang menyanyikan lagu yang ditulis oleh salah satu produser vocaloid terkenal buzzG. Untuk pertama kalinya konser vocaloid ditayangkan secara live streaming ke seluruh dunia, tercatat sebanyak 160,000 ribu pasang mata menyaksikan konser melalui streaming pay per view ini.

konser dibuka oleh Aizawa Mei
Miku diproyeksikan di sebuah layar hitam


2. Mikunopolis in Los Angeles "Happy to Meet You!. I'am Hatsune Miku!"
Nokia Theater Los Angeles
2 Juli 2011
sekilas konser:
Untuk pertama kalinya Miku mengadakan konser pertamanya di luar Jepang, negara yang beruntung adalah Amerika Serikat. Konser yang bertajuk Mikunopolis in Los Angeles "Happy to Meet You!. I'am Hatsune Miku!"ini merupakan bagian dari Anime Expo Los Angeles yang berlangsung pada tanggal 1-4 Juli 2011. Sebanyak 3500 tiket ludes dalam waktu dua minggu. Sebenarnya Nokia Theater memiliki kapasitas 7100 kursi yang terdiri dari dua lantai tapi karena demi kenyamanan penonton agar dapat melihat Miku dengan jelas di atas panggung maka hanya lantai bawah bagian tengah saja yang di booking walaupun pada akhirnya ada sekitar 5000 penonton yang melihat konser tersebut disebabkan permintaab fans yang tinggi sehingga panitia mengadakan tiket tambahan. Mikunoplis 2011 kembali menggunakan layar transparan dan Danny Chou didampuk menjadi MC konser Mikunopolis. Kali ini lebih banyak musisi yang mengiringi Miku di atas panggung total 11 ada 11 musisi termasuk 7 pemain viola dan violin. Seperti halnya konser Mikupa Tokyo 2011 konser ini juga disiarkan langsung secara streaming pay per view dan Live Viewing.

sekitar 5000 penonton datang ke konser Mikunopolis
Danny Chou menjadi MC konser Mikunopolis
layar transparan digunakan kembali di konser ini
selain ada pemain bass, gitar, drum dan keyboard yang mengiringi Miku juga ada tujuh pemain viola dan violin.
3. Mikupa♪ Hatsune Miku 39′s Live in Sapporo 2011
Sapporo Education and Culture Hall 
16-17 Agustus 2011
sekilas konser:
Kali ini Hatsune Miku konser di kota tempat kelahirannya yaitu Sapporo, Hokkaido, Jepang. Konser ini sempat tertunda karena gempa dan tsunami yang melanda Jepang bulan Maret 2010. Tak seperti konser Miku sebelumnya kali ini ada beberapa hal yang tak seperti biasanya seperti: konser yang diadakan dua hari pada tanggal 16-17 Agustus, penggunaan layar transparan dan kotak hitam secara bergantian, dan konser ini tidak disiarkan langsung secara streaming hanya bisa dinikamti dengan hadir langsung di konser atau menonton secara Live Viewing yang diadakan di berbagai belahan dunia. Hasil penjualan tiket konser disumbangkan kepada para korban bencana yang kehilangan rumah mereka saat peristiwa gempa dan tsunami.
setiap konser hampir selalu terjadi peningkatan kualitas gambar
untuk kali pertamanya layar transparan dan layar hitam digunakan dalam satu konser.
4. Mikupa♪ Hatsune Miku 39′s Live in Singapore2011
SUNTEC Convention Hall
11 November 2011
sekillas konser:
Singapura menjadi negara Asia pertama diluar Jepang yang menggelar konser vocaloid Hatsune Miku. Konser ini merupakan bagian dari event Anime Festifal Asia 2011 yang mengambil tema "I love Anisong". Sebanyak 2000 penonton memadati SUNTEC Convention Hall untuk menyaksikan Miku, Rin, Len, dan Luka. Susunan lagu hingga kostum di konser Singapura hampir sama persis dengan konser di Sapporo hal ini dapat dimaklumi karena sebelum konser panitia mengatakan konser ini merupakan sequel dari konser Mikupa Sapporo yang diadakan pada Agustus lalu.

 sekitar 2000 pasang mata memadati SUNTEC Convention Hall 
 tak henti-hentinya penonton bersorak

Thank You
Terima Kasih
ありがとう