Mark Clattenburg.
Mark Clattenburg. (sumber: AFP)
Sebelum Clattenburg, sejumlah wasit lain, macam Howard Webb dan Martin Atkinson juga pernah membuat keputusan kontroversial.

Kontroversi keputusan wasit kembali terjadi pada Liga Premier Inggris. Tepatnya, pada laga big match antara Chelsea kontra Manchester United, yang dipimpin oleh wasit Mark Clattenburg, Minggu (28/10) lalu.

Dalam laga tersebut, Clattenburg membuat berbagai keputusan janggal, yang dinilai merugikan tuan rumah Chelsea. Seperti memberikan kartu merah bagi Fernando Torres dan Ivanovic. Juga mengesahkan gol dari Javier Hernandez (Chicarito), yang sebetulnya berdiri dalam posisi off side. 



Tak cuma itu, Clattenburg pun diduga melakukan tindak rasisme terhadap pemin Chelsea, yaitu Juan Mata dan John Obi Mikel.  



Akibat tindakan tersebut, FA pun geram. Asosiasi sepak bola Inggris itu bahkan mengancam akan memensiunkan Clattenburg, jika benar terbukti bersalah. 

Ancaman pemecatan tersebut juga untuk memecut kinerja para wasit agar lebih profesional dan adil dalam memimpin pertandingan. Pasalnya, selain Clattenberg, sejumlah wasit di Liga Premier Inggris juga pernah melakukan keputusan kontroversial.   



Berikut wasit-wasit di Liga Premier Inggris yang pernah melakukan keputusan kontroversial: 

1. Howard Webb

Webb dianggap wasit paling kontroversial, baik di liga Inggris maupun dalam laga internasional. Salah satu keputusan paling kontroversialnya adalah saat memimpin laga Manchester United kontra Newcastle United. 

Kala itu, Webb bersikap seperti membela MU. Di mana, ia tidak pernah memberikan pelanggaran kepada pemain Setan Merah yang jelas-jelas menekel pemain Newcastle. 

Sebaliknya, Webb justru kerap menghukum pemain Newcastle, meski melakukan pelanggaran kecil. 

Tak cuma itu, Webb juga menganulir gol Newcastle, meski bola sudah memasuki gawang dari MU.  Dalam laga tersebut MU pun menang mudah 3-0. 



2. Martin Atkinson

Atkinson sempat djuluki sebagai wasit terburuk di Liga Premier Inggris. Julukan itu didapat setelah ia mengesahkan gol gelandang Chelsea, Juan Mata, yang sebetulnya belum memasuki gawang Tottenham Hotspurs. Dalam pertandingan tersebut Chelsea akhirnya menang telak atas Tottenham Hotspur 5-1. 

Tak cuma pendukung Tottenham, pengamat sepak bola, yang juga mantan gelandang Derby County, Robbie Savage, turut memberikan komentar pahit atas keputusan Atkinson. Menurutnya, keputusan Atkinson sangat fatal. 



3. Graham Poll

Dalam pertandingan Everton melawan Liverpool, Poll dianggap membuat keputusan yang menguntungkan The Reds. Kala itu, Poll membatalkan gol Everton yang dicetak Don Hutchison pada injury time. Graham menganggap saat terjadinya gol, ia sudah meniup peluit panjang, sebagai tanda berakhirnya laga. 

Kontan, pendukung Everton marah. Mereka langsung menyerukan kalimat 'the goal that never was', untuk menyindir Poll.



4. Mike Riley

kontroversi yang dilakukan Mike Riley sepanjang kariernya adalah ketika ia memimpin laga antaraa Chelsea vs Liverpool pada 2009. Kala itu. Riley memberikan Frank Lampard kartu merah. Padahal, dalam tayangan ulang, Lampard secara bersih menendang bola, bukan menekel kaki Xabi Slonso. 


 
5. Andre Marriner

Marriner mendadak terkenal setelah membuat keputusan kontroversial dalam laga Everton vs Liverpool. Dalam pertandingan tersebut, ia menganulir gol Luis Suarez ke gawang Everton. 

Dengan keputusan itu, Liverpool harus puas dengan hasil imbang 2-2 melawan Everton. The Reds harus melupakan kemenangan yang sejatinya telah berada di depan mata.