Rabu, 21 November 2012

Bandara-Bandara yang Mempunyai Landasan Pacu Paling Berbahaya


Pergi jauh seperti ke luar kota ataupun ke luar negeri pasti enaknya menggunakan pesawat terbang biar cepat sampai tujuan. Bodi pesawat yang besar tentunya juga membutuhkan lokasi untuk lepas landas dan mendarat dengan aman.
Tapi tidak dengan dengan bandara-bandara yang akan kita bahas ini, karena bandara-bandara ini memiliki sebuah landasan pacu paling menyeramkan dan juga berbahaya di dunia, yang malahan terkadang membuat Kamu berpikir ulang untuk pergi kesana. Ini dia daftarnya;

1. Bandara Tioman, Pulau Tioman – Malaysia


Bandara ini terdapat di pulau Tioman atau yang lebih dikenal banyak orang Kawasan Gunung Daik Bercabang Tiga, bandara ini letaknya di lepas pantai timur semenanjung Malaysia dan antara utara-timur laut dari Singapura.
Untuk bisa mendarat di landasan ini, sang pilot harus menetapkan visi yang tepat di pos pegunungan dan pesawat itu harus bermanuver hingga mencapai 90 derajat untuk bisa mendarat dengan mulus, karena kalau salah sedikit perhitungannnya bisa di pastikan bahwa pesawat akan menabrak pepohonan dan juga gunung.
videonya;

2. Bandara Internasional Princess Juliana, St. Marteen
Awalnya bandara ini adalah sebuah bandara militer yang digunakan saat Perang Dunia II terjadi,saat ini bandara tersebut menjadi penghubung utama dari pulau paling kecil di kawasan Karibia. Mendarat di landasan ini tentunya sangat menyenangkan buat para penumpang dan juga para pilot, karena dibawahnya kita bisa melihat pantai tropis Maho yang tentunya sangat indah.
Coba bayangkan bagi Anda yang datang ke pantai tersebut, apa tidak takut ke sedot baling-baling pesaawat
Videonya;

3. Bandara Internasional JFK (Runway 13L), New York – USA
Inilah bandara paling sibuk di Amerikan Serikat dan termasuk salah satu landasan pacu yang paling berbahaya. karena bandara ini terletak di Runway 13L.
Landasan pacu runway yang sangat sempit yaknik tempatnya di teluk Jamaika disebelah kanan dan area landasan pacu disekelilingnya dipenuhi banyak air, belum lagi pilot hanya memiliki area sepanjang 5 kilometer yang membuatnya pantang melakukan kesalahan.
videonya;

4. Bandara Toncontin, Tegucigalpa – Honduras
Jika landasan pacu 13L milik bandara JFK yang mempunyai panjang 4.442 meter dan masih di anggap sempit, lihatlah panjang landasan di Toncontin ini yang hanya mempunyai 1.862 meter saja yang tentunya sangat mustahil untuk pesawat sekelas Boeing 757.
Bandara ini berada disebuah lembah setinggi 1.004 meter dari permukaan laut dan posisinya dikelilingi pegunungan.
Seorang juru kamera yang berdiri di tepi lembah bisa merasakan pesawat itu lewat hanya beberapa meter di atasnya. Jadi apa yang bisa kamu lakukan jika harus mendarat di sini? Banyak-banyaklah berdoa untuk sang pilot.
Videonya;

5. Bandara Tenzing-Hillary, Lukla – Nepal
Nama bandara ini mempunyai nama dari dua gunung pertama yang bisa di daki hingga mencapai puncak pada jajaran pegunungan Everst. Bandara ini mempunyai ketinggian 2.438 meter, dan bandara ini hampir tak memiliki fitur modern kontrol lalu lintas udara, tenaga listriknya juga sangat minim. Seakan kurang seram, landasan pacu ini terletak di lereng pada sudut 12 derajat.
Videonya;

6.Bandara Gibraltar, Gibraltar
Bandara yang satu ini juga memiliki landasan pacu yang sangat pendek, panjangnya hanya sekitar 1.828 meter yang letak berada di laut Mediterrania dan juga pegunungan batu Gibraltar.
Selain itu, cuaca disekitar bandara cukup buruk. Yang paling mengerikan adalah adanya sebuah jalan raya utama yang juga melintasi salah satu landasan pacu. OMG..
Ketika pesawat akan lepas landas ataupun mendarat, maka semua kendaraan harus berhenti terlebih dahulu.
Videonya;

7. Bandara Juancho E. Yrausquin, Saba – Netherlands Antilles
Satu-satunya bandara di Saba, pulau terkecil di kawasan Karibia yang demografinya di dominasi pegunungan. Letaknya di ketinggian 877 meter membuatnya salah satu titik tertinggi di sini. Hanya memiliki panjang landasan pacu 396 meter membuatnya harus benar-benar pilot berpengalaman yang memiliki ijin di sini.
Tak hanya samapi disitu saja landasan ini ternyata dikelilingi oleh 3 karang laut di ketiga sisinya dan juga salah satu tebing berada di bagian terakhir. Jika salah mendarat sedikit saja, Anda bisa memilih menabrak tebing atau jatuh ke laut. Pilahan yang sulit.
videonya;

8. Bandara Madeira, Madeira – Portugal
Tahukah Kamu kalau pernah terjadi sebuah kecelakaan di landasan pacu ini yang sangat mengerikan terjadi di tahun 1977, dimana pada saat itu Boeing 727 mendarat dan langsung menghancurkan sebuah jembatan batu runway. Landasan pacu ini berdiri diatas sebuah tebing laut dan memiliki panjang 1.600 meter dengan mempunyai ketinggian 70 meter. Berani mencoba??
videonya;

9. Bandara Courchevel, Courchevel – Prancis
Jika kalian jalan-jalan ke pegunungan Alpen jangan lupa untuk bermain ski di sana. Tapi tahukah Kamu kalau bandara ini mempunyai landasan pacunya hanya 525 meter dan mempunyai kontur pegunungan. Edannn.. Bagi para penumpang yang hendak pertgi kesini duduk tenang saja dan jangan lupa pakailah jaket keselamatan ataupun parasut.
Videonya;

10. Bandara Kai Tak, Hong Kong
sebagai salah satu bandara yang paling mengerikan. Bandara ini letaknya di tengah kota yang dikelilingi oleh gedung apartemen dan juga berbagai bisnis yang ada di sana. Jadi, mungkin ketika kamu sedang menjemur pakaian di salah satu teras apartemenmu, kamu akan bisa melambaikan tangan langsung dengan sang pilot.
videonya;