Kamis, 08 November 2012

Gila!!! Jalan Yang dapat Mengisi Energi

Bagaimana ya jika kita menyelusuri jalan yang dapat bersinar di malam hari? Atau jalan yang sekaligus dapat mengisi tenaga mobil listrik? Mustahil? Tentu tidak.  Rencana inilah yang akan diperkenalkan di Belanda mulai tahun depan.


Smart Highways(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

Smart Highways’ atau Jalan Raya Cerdas yang diungkap minggu lalu di Dutch Design Week akan menggunakan teknologi terbaru di semua jalan di Belanda.
Jalan cerdas tersebut ialah jalur khusus yang memungkinkan pengendara mobil listrik untuk mengisi kembali tenaga (recharge) kendaraannya ketika melintas di sepanjang jalan tersebut.


Smart Highways (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

Para perancang mengklaim bahwa jalan cerdas tersebut akan ‘lebih berkelanjutan, aman dan intuitif.’
Selain itu, teknologi lainnya yang akan mulai dilaksanakan tahun depan adalah gambar dinamis yang peka terhadap suhu. Gambar-gambar tersebut berupa kristal-kristal es yang akan muncul ketika cuaca dingin dan dirancang sedemikian rupa sehingga jalanan terlihat licin.
Perencanaan ini akan dikembangkan oleh dua perusahaan asal Belanda, Studio Roosegaarde dan Heijmans Infrastructure – telah dielu-elukan sebagai ‘Best Future Concept’ pada Dutch Design Awards.
Dilansir dari dailymail (29/10), Studio Roosegarde menyatakan: ‘Alih-alih berfokus pada mobil untuk membuat inovasi pada pengalaman mengemudi, Daan Roosegaarde dan Heijmans membuat inovasi terhadap jalan raya.’
‘Rancangan-rancangan inovatif lainnya seperti Glow-in-the-Dark Road, Dynamic Paint, Interactive Light, Induction Priority Lane dan Wind Light akan direalisasikan dalam lima tahun ke depan.
Tujuannya adalah untuk membuat jalanan lebih tahan lama dan interaktif dengan menggunakan lampu-lampu interaktif, energi yang cerdas dan tanda-tanda jalan yang beradaptasi pada situasi-situasi lalu lintas tertentu.’
Kita tunggu saja informasi perkembangannya ya. (**)
Sumber : dailymail.co.uk, dering.co.id, uniknya.com, November 2012