Kamis, 29 November 2012

Makan Keju Membahayakan Kesuburan Pria?



(jelajahunik.us) Pria muda yang menikmati tiga iris keju sehari dilaporkan berisiko kehilangan kesempatan menjadi ayah. Hal itu disampaikan oleh penelitian dari Harvard School of Public Health.


Seperti yang dilansir dari Daily Mail (23/10), bahkan konsumsi produk susu berlemak juga disebutkan mempengaruhi kesuburan para pria. Sebab mengonsumsi keju sebanyak tiga porsi saja dalam sehari ternyata memperburuk kualitas sperma.

Selain keju, satu sendok teh krim, sesekop es krim atau segelas susu berlemak juga berdampak sama pada sperma. Peneliti lantas percaya bahwa hormon wanita yang secara alami ada pada produk susu menjadi penyebab kesuburan pria terganggu.

"Hormon estrogen dalam susu sapi mungkin mempengaruhi kesuburan pria," tutur kepala peneliti Myriam Afeiche dalam konferensi American Society for Reproductive Medicine.

Selain itu, pestisida dalam produk susu juga diduga menjadi salah satu penyebab menurunnya kualitas sperma pria.

Meskipun demikian, Dr Allan Pacey yang merupakan ahli kesuburan dari University of Sheffieldyang tidak terlibat dalam penelitian kurang setuju dengan pernyataan tersebut.

"Saya tidak mau menakuti pria dengan mengatakan kalau susu berbahaya bagi kesuburan mereka. Jadi selain diet, sebaiknya ada hal lain yang perlu diteliti," demikian ujarnya.

Sebelumnya, ada penelitian yang mengungkapkan pria muda yang makan banyak karbohidrat menurunkan produksi jumlah sperma mereka. Hal itu diduga karena para pria memiliki kecenderungan untuk mengalami obesitas. Sebab obesitas adalah salah satu pengganggu keseimbangan hormon dan mempengaruhi kesuburan seseorang.