Minggu, 04 November 2012

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan


(jelajahunik.us)Berjalan adalah kegiatan yang hampir semua orang lakukan setiap hari. Meski terlihat bisa saja, jalan kaki ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, akan lebih sangat bermanfaat lagi bila jalan kaki dilakukan selama 30-45 menit dengan rutinitas minimal enam hari sepekan. Dengan melakukan rutinitas tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini.
- Berjalan secara rutin meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot. Selain itu, berjalan bisa membantu membangun stamina Anda.
- Berjalan bagus buat kesehatan jantung. Kegiatan ini diketahui bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.
- Berjalan juga bagus buat memperkuat tulang.
- Berjalan sekitar 30 menit sehari bisa meningkatkan kepadatan massa tulang dan memperlambat penurunan massa tulang di kaki.
- Berjalan juga meningkatkan kesehatan mental seseorang. Jika berjalan di luar ruangan, kombinasi udara segar dan latihan ini adalah cara yang bagus buat meningkatkan moral dan suasana hati.
- Berjalan bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Penelitian mengungkap bahwa berjalan sekitar 150 menit per pekan dapat menurunkan risiko diabetes.
- Berjalan juga bisa menurunkan risiko kanker usus dan payudara.
- Yang tidak kalah penting, berjalan juga lebih aman dibanding lari. Ahli fitness menilai bahwa berjalan lebih baik untuk lutut dan persendian dibanding berlari. Dengan berjalan, lebih sedikit cedera yang didapat.