Minggu, 04 November 2012

Unik Keren Alunan Musik dari Ombak Buatan

(jelajahunik.us)



Memimpin sebuah orkestra untuk menghasilkan musik yang indah kini menjadi hal istimewa untuk Alexis Kirke. Pasalnya, "orkestra" yang ia pimpin adalah sebuah kolam renang yang terisi air bergelombang. Alexis pun menjadi orang pertama di dunia yang membuat musik dari gelombang air.

Pria yang dijuluki "Raja Canute" ini mengubah tubuhnya menjadi tongkat dirigen raksasa dengan menutupi dirinya menggunakan sensor gerak. Sensor itu bisa mengendalikan gelombang besar dalam kolam renang di University of Plymouth, Devon. Sehingga besar kecilnya gelombang air dipengaruhi gerakan tangannya.

Gerakan tangan Alexis yang menimbulkan ombak kemudian diukur oleh alat pengukur. Alat tersebut mengirimkan sinyal elektronik ke synthesizer yang menciptakan musik, yang samar-samar mirip nyanyian ikan paus. Alexis juga bisa mengubah volume dengan joystick dan tangannya.

Alexis mempersembahkan pertunjukan musik unik ini selama 12 menit bersama komposer Samuel Freeman. Pertunjukan ini dilakukan dalam rangka pembukaan Marine Building yang memiliki tangki air. Kolam renangnya juga berisi pelampung khusus yang membuat suara seperti lonceng berdering bila terkena gelombang.

"Pertunjukan berlangsung lancar dan penonton bertanya bisa membeli CD musiknya atau tidak," ucap Alexis. "Tidak ada kata-kata lain yang bisa mendeskripsikan bisa memiliki musik dramatis dengan gelombang air. Kamu berada di dalam gedung mendengar suara ombak dan mencium aromanya, melihatnya saling berbenturan."

http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/564921-alunan-musik-dari-ombak-buatan.html