Selasa, 06 November 2012

Wooow Robot yang Menyerupai Wanita Cantik

(jelajahunik.us): Saat ini banyak robot humanoid yang dikembangkan. Nah, robot-robot ini punya wujud dan juga tingkah laku yang memang benar-benar dibuat semirip dengan manusia.
Negara yang paling getol membuat robot humanoid ini adalah Jepang.
Robot-robot cantik apa saja yang sudah dibuat di kota Jepang? Baca artikelnya di bawah ini.

1. Simroid

Robot ini menyerupai wanita muda yang menarik, berambut panjang serta robot itu juga mempunyai tinggi 160 cm. Kemampuan yang dimiliki oleh robot ini adalah bisa mendengarkan instruksi serta memberi reaksi dengan suara, gerakan mata serta tangannya.
Robot ini memang sengaja dibuat untuk latihan praktek disekolah kedokteran gigi. Selain itu, robot ini bisa menunjukkan ekspresi ketidaknyamanan dengan mengerutkan dahi ketika tengah dilakukan praktek.
Keren lagi Simorid ini mampu berteriak ‘sakit’ dan juga beteriak ‘ouw’ ketika bor sang dokter gigi mengenai sarafnya itu.
“Robot ini begitu hidup, sehingga calon dokter gigi dapat belajar memahami perasaan pasien dan berusaha meningkatkan keahliannya serta memperlakukan pasien secara manusiawi,” ujar Tatsuo Matsuzaki, dari perusahaan pembuat robot Kokoro.

2. Aiko

Le Trung, adalah seorang ilmuwan yang mampu menghabiskan biaya 14.000 poundsterling untuk menciptakan robot bernama Aiko. Trung yang saat ini tinggal di Kanada mengaku tak punya waktu mencari pacar sehingga dia mendesain robot sebagai pendampingnya.
Aiko memang telah dibekali berbagai kemampuan. Misalnya saja, Aiko bisa berbahasa Inggris dan Jepang serta mengerjakan soal matematika. “Aiko adalah paduan ilmu dan kecantikan. Saya ingin membuatnya semirip mungkin dengan manusia sehingga bisa jadi pasangan yang sempurna,” tutur Trung. Trung mengklaim bahwa Aiko bisa memahami dan mengatakan 13.000 kalimat dalam bahasa Inggris dan Jepang.

3. Saya

Penelitian selama 15 tahun yang dilakukan oleh Professor Hirohi Kobayashi dari Tokyo University. Robot yang dinamakan “Saya” ini didaulat mengerjakan tugas-tugas yang biasa dipegang sekretaris.
Robot ‘saya’ ini bisa menjadi seorang sekretaris. Robot ‘saya’ ini bisa juga menjadi seorang guru, bisa juga bekerja sebagai respsonis dengan di dukung kemampuan multibahasanya.
Bagi kalian yang akan menghemat pengeluaran untuk karyawan, “Saya” yang diciptakan menyerupai bentuk dan muka layaknya seorang wanita bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Kini, robot yang dapat menirukan berbagai ekspresi manusia tersebut sedang menjalankan tugasnya sebagai resepsionis di Tokyo University.

4. HRP-4C

Dibuat oleh para peneliti dari negeri Sakura ini bisa lenggak lenggok di catwalk layaknya bak supermodel.
Selain bisa menyapa hadirin, robot cantik ini juga di progam sedemikian rupa sehingga gerak gerik tubuhnya mirip sekali dengan model manusia sungguhan.
HRP-4C ini mempunyai tinggi sekitar 158 cm, fisik HRP-4C dibuat sangat mirip perawakan wanita Jepang pada umumnya. Menurut para pembuatnya, ternyata bentuk robot ini terinspirasi dari salah satu karakter di komik manga.
Robot ini dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, pengembangan benda canggih itu memakan biaya sampai US$ 2 juta.

5. Geminoid

Toko di Jepang memajang robot untuk menyapa para pengunjung. Robot ini dibuat dengan wujud wanita berparas cantik.
Robot cantik ini di pajang di etalase dalam posisi duduk, robot ini kalau diperhatikan sedang menanti seseorang. robot ini juga membawa sebuah tas dan juga sambil memegang sebuah hp.
“Android sedang jatuh cinta. Dia menunggu Anda,” demikian tulisan di samping Geminoid. Ia dipajang di depan Takashimaya Department Store di distrik Shinjuku.
Robot ini di kembangkan oleh seorang professor bernama Hiroshi Ishiguro dan pra rekannya di Osaka University. Robot tampak seperti wanita 20 tahunan yang di gambarkan tengah menanti cintanya.
Geminoid sendiri memiliki sebuah sensor dan bisa menanggapi keadaan sekitarnya. Robot ini bisa bisa menggerakkan semua badannya diantaranya lengan, leher, dan bisa merubah ekspresi wajahnya.
Geminoid memang masih terbatas kemampuannya, akan tetapi dia akan makin pintar di masa mendatang.