Minggu, 02 Desember 2012

Air di Bumi dan Mars Sumbernya Sama



(jelajahunik.us) Planet Bumi dan Mars ternyata memiliki satu kesamaan mendasar. Air di kedua planet ini dipercaya berasal dari sumber yang sama yaitu meteorit yang jatuh saat awal pembentukan planet.

Ilmuwan menganalisis komposisi dua batuan langka Mars yang mendarat di Bumi sebagai meteorit. Analisis menunjukkan bahwa air yang ada di planet merah itu berasal dari benda langit yang sama. Air berasal dari mineral di meteorit chondrite yang dapat terintegrasi dengan planet tempatnya mendarat.

Meteorit yang dianalisis merupakan sampel murni yang memiliki unsur yang mudah menguap di lingkungan Mars. Meteorit tersebut juga mewakili dua sumber air berbeda di Mars. 

Salah satu meteorit berasal dari lapisan mantel Mars, dengan kuantitas air di wilayah itu sama dengan di Bumi. Sementara meteorit lain diperkaya dengan unsur yang terdapat di permukaan dan atmosfer Mars.

Meteorit yang berasal dari mantel menunjukkan bahwa bagian dalam Mars kering. Meteorit lainnya menunjukkan bahwa permukaan Mars pernah sangat basah pada suatu waktu.