Minggu, 02 Desember 2012

Terendam Air Selama 6 Bulan, iPhone Ini Masih Berfungsi


(jelajahunik.us) Menurut Anda, kira-kira berapa lama daya tahan sebuah smartphone apabila dimasukkan ke dalam air? 5 menit? 1 jam? Atau 1 hari? Ternyata ada kisah nyata yang tak disengaja. Sebuah iPhone terendam selama 6 bulan di dalam air namun masih dapat dioperasikan secara normal.


Banyak pengujian ekstrim yang mencoba menguji kekuatan iPhone ketika dimasukkan ke dalam air. Namun, dari pengujian-pengujian yang dilakukan, rata-rata tidak ada yang sampai 1 jam lamanya. Namun, sebuah kisah nyata yang dialami seorang bernama Ken Hovanes menyatakan bahwa iPhone miliknya tetap hidup walaupun terendam selama 6 bulan lamanya di dasar danau.

Kisahnya bermula dari kecerobohan Ken yang tidak sengaja menjatuhkan perangkat Apple tersebut ke dalam sebuah danau bernama Smith lake di Alabama pada bulan April 2012 lalu.

Sesaat setelah dia menjatuhkan handsetnya tersebut, dia melakukan penyelaman dan mencari barang miliknya tersebut namun tidak menjumpainya. Akhirnya Ken memutuskan untuk mengikhlaskannya dan berencana membeli perangkat handset sejenis yang baru.

Setelah 6 bulan berlalu, debit air danau tersebut menyusut. Ken kembali mencoba mencarihandsetnya di tempat dia menjatuhkannya. Akhirnya perangkat tersebut diketemukan dan Ken terkejut karena setelah menghidupkannya kembali, iPhone miliknya itu masih berfungsi dan dapat dioperasikan seperti sebelum jatuh.

Ken hanya mendapati sisi-sisi casing dari iPhone miliknya itu berlumut dan kotor saja. Walaupun dikatakan fitur-fiturnya dapat dioperasikan secara normal, namun microphonenya tidak berfungsi. Selain itu, iPhone tersebut juga tidak dapat dikoneksikan dengan charger serta tidak dapat terdeteksi oleh komputer ketika dihubungkan.

Apabila memang ternyata kisah Ken ini benar atau bukan hoax semata, maka dapat dikatakan iPhone miliknya tersebut adalah satu-satunya perangkat elektronik yang kuat bertahan di dalam air selama 6 bulan.