Selasa, 15 Januari 2013

5 Jurus Supaya Karier Lebih Cemerlang




(Jelajahunik) Meski sudah memasuki pertengahan Januari 2013, bagi Anda yang masih bingung dengan resolusi karier di tahun ini, tidak ada salahnya untuk segera merencanakan hal tersebut.

Resolusi bukanlah sesuatu yang mengikat atau membuat Anda merasa terperangkap dalam sebuah perjanjian. Hanya saja, resolusi dapat bermanfaat mengarahkan perjalanan karier Anda supaya lebih jelas dan terarah, sehingga mampu mencapai target yang diharapkan.

Resolusi merupakan sebuah proses, di mana dalam kenyataannya, resolusi wajib diiringi dengan kerja keras. Apabila ada hambatan, maka tugas Anda harus mengindentifikasi masalah tersebut, mencari ide dan solusi serta bertindak. Pasalnya, setiap saat dunia kerja bergerak begitu dinamis, sehingga bukan hanya karier atau pekerjaan Anda yang mesti ikut berubah, termasuk diri Anda. 

Berikut 5 faktor yang mampu mendukung karier Anda untuk tidak takut berjibaku dengan tantangan yang menghadang kapanpun dan di manapun, seperti dikutip dari Forbes, Senin (14/1/2013)

1.Kreator, penuh dengan ide dan memiliki jaringan luas

Potensi seperti ini perlu digali, karena sangat dibutuhkan ketika Anda melakoni dunia kerja. Anda mampu menjadi trendsetter dan bukan follower, serta dapat memanfaatkan jaringan mitra yang luas untuk mengelola hubungan dengan siapapun dari berbagai kalangan.

2. Komunikasi yang efektif

Dalam hal ini, Anda mesti mempunyai rasa empati, kesadaran diri, rasa ingin tahu, kesabaran, dan kemampuan untuk bersedia menjadi pendengar yang baik bagi rekan kerja di samping Anda. 

3. Menciptakan kolaborasi hangat
Tidak perlu menganggap kompetitor adalah musuh. Justru apabila Anda mempunyai jiwa kerjasama dan kolaborasi begitu tinggi, maka Anda mampu memahami batas-batas persaingan, artinya melawan dengan cara-cara sehat.

4. Menciptakan karakter pribadi

Karakter pribadi sangat memegang peranan penting dalam karier Anda. Jangan pikirkan omongan orang lain yang bisa merusak rencana Anda. Fokuslah pada apa yang menjadi 'daya tarik' Anda di perusahaan, baik itu dari kecerdasan, pengalaman dan bakat. Paling penting, jadilah diri Anda sendiri.

5. Tepat dalam bertindak

Dalam bekerja membutuhkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara tepat dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Ini akan membantu Anda untuk mencapai peningkatan karier, karena dianggap mempunyai jiwa kepemimpinan tanpa mengorbankan diri sendiri.
SUMBER