Sabtu, 26 Januari 2013

Aksesoris motor yang bahaya saat hujan

(jelajahunik) Di Jakarta dan sekitarnya intensitas hujan masih tinggi. Hampir setiap hari kita semua harus dihadapi dengan turunnya air hujan dari langit.

Hal ini pastinya membuat Anda semua repot terutama bagi para bikers sejati yang memiliki motor dengan penuh aksesoris. Memang motor yang dihiasi aksesoris after market akan terlihat lebih ciamik apalagi jika terus dirawat, motor Anda akan menjadi pusat perhatian di jalan.

Nah buat Otolovers semua yang memiliki motor dengan menggunakan aksesoris harus ekstra waspada jika musim hujan seperti ini. Jika Anda tidak berhati-hati maka musibah akan mengintai Anda secara perlahan.

Berikut aksesoris motor yang berbahaya saat musim hujan:

- Ban tipis dan kecil


                               
Banyak dari otolover yang mengganti ban ukuran standar menjadi ban yang kecil seukuran ban sepeda. Namun bagi otolover yang menggunakan ban kecil dan tipis, hati-hatilah saat berkendara di musim hujan.

- Grip Stang dari Logam

                               
Selain banyak yang menggunakan ban tipis dan kecil, para bikers yang doyan memasang aksesoris juga pasti suka memasang selongsong grip setang yang terbuat dari logam. Karena dari segi tampilan saja sudah menarik apalagi dipakai dimusim kemarau pancaran logamnya dapat mencuri perhatian motor disekeliling.

Tapi ternyata aksesoris ini kurang cocok jika digunakan saat musim hujan. Karena peranti ini menjadi licin akibat pertemuan antara air hujan dengan logam.

Tidak sedikit para bikers di Indonesia celaka akibat hal sepele ini. Sebab jika kita tidak kuat memegang selongsongannya maka motor akan mudah tercelincir ataupun jatuh saat mengahantam lubang baik kecil ataupun besar.

"Ada baiknya kalau musim hujan seperti ini menggantinya dulu untuk sementara dengan selongsong bawaan pabrikan atau yang berbahan karet," sarannya.

- Menggunakan lampu HID Putih

                               

Para bikers sejati yang doyan aksesoris juga sering mengaplikasikan lampu HID berwarna putih pada motornya. Ini dilakukan untuk mengejar gaya.

Memang jika digunakan di malah hari dan didukung cuaca yang bagus lampu HID putih ini akan jauh lebih menarik.

Tapi jika musim hujan apakah akan tetap aman?

"Sebaiknya hindari dulu jika musim hujan. Sebab saat hujan sinar yang dihasilkan lampu itu tidak akan menembus dengan jauh. Alhasil jarak pandang Anda tidak akan jauh," paparnya.

Menurutnya tidak ada salahnya menggunakan lampu HID saat musim hujan. Tapi ia menyarankan jika musim hujan pilih lampu HID berwarna kuning dan memiliki spesifikasi 43000k.

"Kalau warnanya sedikit menguning masih bisa menembus derasnya air hujan. Beda dengan lampu yang warna putih," tandasnya.

Nah Otolovers semua bisa mulai ekstra waspada saat musim hujan seperti ini. Terutama bagi para bikers yang doyan mengaplikasikan aksesoris. Bukannya tidak boleh, tapi disarankan untuk lebih safety lagi dalam berkendara di musim hujan.

- Footpeg dari logam

                        

Memiliki tunggangan ciamik pasti idaman semua orang. Tak jarang para bikers juga memasang aksesoris pada bagian footpeg yang terbuat dari bahan logam. Itu dilakukan seolah ingin mempercantik tampilan motornya.

Memang tidak ada yang salah untuk melakukan hal itu, tapi ada baiknya jika musim hujan seperti ini disarankan untuk menghindari aksesoris yang berbahan logam. Karena berbahaya,terutama pada bagian footpeg. Pijakan kaki si pengendara jadi licin.

Bahayanya, jika Anda berada dalam kecepatan tinggi dan harus dihadapkan dengan lubang atau genangan air maka otomatis kaki Anda akan mudah terpeleset.

- Spakbor Pendek


                            

Bagi para pengendara motor yang menggunakan spakbor pendek, maka disarankan untuk mengganti spakbor yang standar dikarenakan saat hujan spakbor yang pendek bisa membuat air hujan dari ban nyiprat ke pengendara yang ada di belakang. Hal ini akan membahayakan pengedara yang ada di belakang kita.

- Kaca Helm yang gelap
                                           
Bagi para pengendara motor dihimbau saat hujan agar tidak menggunakan kaca helm yang gelap karena akan membatasi pandangan pengendara saat hujan. Jika pandangan kita terbatas saat hujan bisa menimbulkan malapetaka bagi si pengendara.

- Jas hujan batman

                                 
Satu lagi aksesoris yang bisa membuat pengendara motor bahaya saat berkendara dalam kondisi hujan, jas hujan batman yaitu jas hujan yang menyerupai jubah. Jas ini berbahaya karena saat digunakan dalam kondisi hujan bisa ketarik atau nyangkut ke pengedara lain. Jadi usahakan agar menggunakan jas hujan yang standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar