Kamis, 17 Januari 2013

Big Ben Sebutan untuk Menara Jam di London?




Big Ben, London (Foto: telegraph)
Big Ben, London 

(jelajahunik) Big Ben adalah nama yang merujuk pada sebuah menara jam di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris Raya, dan merupakan menara jam terbesar kedua di dunia. Jam ini terletak di timur laut dari Rumah Parlemen di Westminster, London. 

Jam ini sangat besar sehingga menara ini pernah dijadikan sebagai menara jam berwajah empat terbesar, namun rekor ini akhirnya dipegang oleh Menara jam Allen-Bradley di Milwaukee, Wisconsin. Sang arsitek tidak memasang bel pada jam tersebut sehingga Big Ben memegang rekor sebagai Menara Jam Empat Sisi terbesar dengan lonceng. 

Banyak yang menyangka Big Ben adalah sebutan bagi jam ini. Bahkan, kabarnya, bila Anda terus-terusan menyebut Big Ben di depan polisi setempat, mereka diperbolehkan menembak Anda! 

Hal tersebut tentu tidak benar. Hal lain yang tidak benar adalah Big Ben memang bukan sebutan luntuk jam ini. Big Ben sebenarnya nama kecil dari lonceng yang terletak di dalamnya (dulunya adalah Great Bell). Nama asli menara jam ini sendiri adalah The Elizabeth Tower.
sumber