Minggu, 20 Januari 2013

Enggak Akur dengan Teman Kosan? Ini Solusinya



(jelajahunik)Berbagi kamar kosan atau kontrakan dengan teman bukanlah keputusan yang mudah. Tentu perlu banyak pertimbangan ketika kita memutuskan ingin menjalani satu semester atau bahkan seluruh masa perkuliahan dengan teman satu kosan yang sama. 
Oleh karena itu, pastikan Anda telah mengetahui karakteristik calon penghuni kamar kosan tersebut dengan baik. Sebab jika tidak, ketika Anda mengetahui karakteristik asli sang teman sekamar yang sangat bertolak belakang, Anda justru merasa tidak kerasan di kosan.

Namun, jika situasinya sudah "terjebak" bersama teman satu kamar yang menyebalkan, ada beberapa tips yang dapat solusi. Berikut tipsnya, seperti dilansir dari College Candy, Sabtu (19/12/2012).
 
Tetapkan aturan dasar sejak dini
Sedekat apapun kita dengan teman satu kamar kos, biasakan untuk tetap membuat aturan dasar di antara kalian. Dengan demikian, privasi satu sama lain tetap terjaga sehingga membuat kita tetap nyaman berada di kosan.

Perjanjian masalah kunjungan
Dalam perkuliahan, teman satu kamar tidak melulu mempunyai teman yang sama. Apalagi ketika kalian berbeda jurusan. Ketika hendak mengajak teman-teman satu kelas untuk kerja kelompok di kamar kosan, pastikan beri tahu kepada teman satu kosan. Jangan sampai membuat tidak nyaman teman kosan.

Pastikan kamar tetap bersih
Jagalah kamar kosan tetap bersih. Tinggal dalam kondisi kamar yang berantakan justru akan menambah ketegangan dengan teman satu kamar. Maka, biasakan untuk menjaga bagian kamar tetap bersih. Sampaikan kepada rekan satu kamar, jika dirimu keberatan berada dalam kamar yang jorok.

Saling menghormati
Sekesal apapun dengan teman satu kamar, pastikan untuk tetap saling menghormati. Jangan menyerah ketika kebaikan dan rasa hormat tidak berbalas. Perlahan dia pun akan belajar untuk menghargai.

Komunikasi
Jangan memendam ketidaksukaan atas perilaku atau kebiasaan teman satu kamar yang sangat mengganggu. Sampaikan dengan baik apa yang menjadi permasalahan begitu juga sebaliknya.

Jangan berdebat
Jangan berbicara dengan teman satu kamar ketika sedang marah. Saat suasana hati kita sedang tidak baik dengan teman satu kamar, lebih baik menenangkan diri dengan melakukan hobi atau berkumpul dengan teman-teman lainnya. Sebab, saling berteriak justru hanya membuat situasi hidup jadi semakin kacau.
 
Pisah kamar
Jika sejumlah langkah tersebut tidak dapat meredam maupun mengatasi permasalahan dengan rekan satu kamar, maka lebih baik mencari tempat kos baru. Tempat kos merupakan rumah kedua. Jadi, jangan sampai tidak mendapatkan rasa nyaman di kosan.
(mrg)