Rabu, 27 Februari 2013

Mengenal Isabel Dos Santos, Milyuner Cantik Pertama di Afrika



(jelajahunik) nak tertua dari Presiden Angola Isabel Dos Santos ramai diperbincangkan di kawasan Afrika. Putri Jose Eduardo Dos Santos ini baru saja membeli perusahaan-perusahaan raksasa di Portugal.

Selain itu, Isabel juga membeli saham di sebuah bank dan perusahaan televisi. Dengan pengambil alihan saham-saham tersebut, Ia menjadi wanita milyuner pertama di Afrika.

Isabel yang berasal dari Angola ini didaulat Forbes sebagai wanita termuda dengan umur 40 tahun dan menjadi yang pertama dalam sejarah orang-orang tajir di Afrika.

Dikutip detikFinance dari Forbes, Jumat (25/1/2013), Isabel memiliki harta hingga US$ 1 miliar atau mencapai Rp 9,5 triliun.

Isabel menempuh studi-nya di King's College di London bidang mekanik. Ia tinggal dengan ibunya yang cerai dengan Presiden Dos Santos.

Awalnya ia membuka bisnisnya pada tahun 1997 ketika umumrnya menginjak 24 tahun. Ia membuka restoran di Luanda, Angola dengan nama Miami Beach.

Hingga Mei 2012 lalu, ia baru saja diberitakan mengambil saham lebih banyak di ZON Multimedia, perusahaan TV kabel raksasa di Portugal. Sahamnya di perusahaan tersebut naik dari 4,9% menjadi 14,9%. Ia kemudian meningkatkannya kembali hingga 28,8% ZON Multimedia seharga US$ 385 miliar.

Hal ini membuat Isabel duduk sebagai dewan di perusahaan tersebut. Tak sampai di situ, Isabel kemudian meningkatkan sahamnya di sebuah bank di Portugal Banco BPI hingga 19,5%. Dikabarkan juga, Isabel memiliki 25% saham di Unitel perusahaan telekomunikasi di Angola.

Mengapa seorang pemilik restoran ini bisa membeli hal itu semua? Forbes kemudian mencoba berdiskusi dengan Profesor di Johns Hopkins University di Afrika. Ia mengatakan, ayah Isabel yang seorang Presiden dikabarkan mempunyai pengaruh besar di bisnisnya. 

"Dan Angola sendiri susah sekali transparan. Kita tak bisa mendeteksi dana-dananya dari mana," tuturnya.

Angola sendiri 'hidup' dari minyak dan intan. Negara dengan 18 juta penduduk ini memiliki banyak sumber daya energi lainnya. Presiden Dos Santos sendiri telah berkuasa di Angola sejak 1979.

Namun, apa yang dikatakan oleh sang profesor dibantah dari juru bicara Dos Santos. "Presiden Dos Santos selalu transparan akan apa yang dimilikinya sesuai dengan hukum di Eropa," jelas Juru Bicara Dos Santos.

Terlepas dari itu semua, Sang Anak kini seorang milyuner wanita pertama di Afrika.