Senin, 11 Maret 2013

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo




(jelajahunik) Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Penyebab komedo

Disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit.
Komedo merupakan lesi non inflamasi; sedangkan papul, pustul, nodus, kista adalah lesi inflamasi. Akne mempunyai 3 gradasi, yaitu:

  • gradasi ringan : komedo < 20 atau lesi inflamasi < 15, atau total lesi < 30
  • gradasi sedang : komedo 20-100, atau lesi inflamasi 15-50, atau total lesi 30-125
  • gradasi berat : kista > 5 atau komedo > 100, atau lesi inflamasi > 50, atau total lesi > 125[2]

Penanggulangan

Cuci muka 3x sehari dengan sabun pH balance
Makanan: kurangi kalori, lemak, makanan pedas
Kosmetik: kurangi bedak padat dan foundation (alas bedak)

Cara membuang komedo

Dua cara membuang komedo  :
  • pijatan dengan jari, atau
  • menggunakan ekstraktor komedo
Pastikan tangan atau alat yang digunakan dalam keadaan steril.

Komedo jenis terbuka:
Melakukan tekanan vertikal secara lembut di sekeliling komedo. Jika tidak ada isi yang keluar, jari-jari dipindahkan ke lokasi berbeda di sekitar komedo dan prosedurnya kemudian diulang kembali. Jika lemak mulai keluar, tekanlah secara perlahan di beberapa tempat (dengan menggunakan dua jari berlawanan) sampai semua isi dikeluarkan. Lap dengan kain yang bertekstur lembut dan steril.

Komedo jenis tertutup:
Jika komedo sulit dikeluarkan, tusuklah dengan lembut di bagian tengahnya dengan jarum steril. Setelah itu, isi dari komedo dikeluarkan dengan prosedur yang telah dijelaskan pada langkah komedo jenis terbuka.

Selanjutnya adalah pembersihan
Setelah perawatan menghilangkan komedo maupun jerawat pada langkah di atas, selanjutnya daerah yang sudah diekstrak harus dibersihkan dengan alkohol atau larutan antiseptik lain