Selasa, 05 Maret 2013

Fosil "Monster" Laut 500 Juta Tahun Ditemukan


(jelajahunik)  Ilmuwan telah menggali dan menemukan fosil binatang yang diyakini pernah hidup 520 juta tahun lalu. Fosil ini merupakan makhluk laut, yang merupakan fosil binatang paling awal yang pernah ditemukan oleh peneliti.

Dilansir Nbcnews, Jumat (1/3/2013), makhluk laut atau "monster" ini merupakan arthropoda yang disebut Fuxhianhuiid. Memiliki anggota tubuh primitif, hewan paling 'jadul' ini kemungkinan menggunakan anggota badannya untuk mendorong makanan ke dalam mulutnya.

Hewan masa lampau yang bergerak dengan cara merayap di dasar laut ini bisa membuka wawasan baru bagi para peneliti mengenai evolusi arthropoda. Arthropoda meliputi krustasea dan serangga.

"Studi kami memberikan titik acuan penting untuk merekonstruksi sejarah evolusi hewan. Selain itu, studi ini juga mengungkap hubungan satu hewan yang paling beragam dan berlimpah di Bumi," jelas peneliti Javier Ortega-Hernández.

Lebih lanjut ia mengatakan, fosil ini memperlihatkan ke dalam perkembangan anggota badan arthropoda awal. Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal Nature.

Fuxhianhuiid diyakini hidup hampir 50 juta tahun sebelum hewan pertama muncul dari laut ke daratan. Paleontolog sebelumnya pernah menemukan fosil Fuxhianhuiid, yang ditemukan dengan organ internal halus yang tertutup oleh kulit besarnya.

"Fosil ini merupakan 'jendela' terbaik kami untuk melihat hewan paling primitif," tuturnya. Sebelum fosil ini ditemukan, menurutnya, belum ada indikasi jelas dalam catatan fosil mengenai evolusi hewan dan temuan ini merupakan sebuah hal yang penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar