Jumat, 15 Maret 2013

Jangan Buang Tinta Hitam Cumi, Karena Berkhasiat Lawan Sel Kanker


(jelajahunik) Dibalik tekstur dagingnya yang kenyal dan manis. Cumi-cumi juga punya tinta hitam yang digunakan sebagai pelindung dari serangan musuh. Namun siapa sangka jika tinta hitam yang sering dibuang ini bermanfaat lebih untuk kesehatan.


Cumi-cumi memiliki kantong tinta hitam di tubuhnya. Biasanya akan dikeluarkan jika sedang tertekan atau sedang diserang oleh musuh. Saat dimasak tinta ini juga sering keluar, bahkan bisa menghitamkan seluruh bagian kulit cumi ataupun kuahnya. Meskipun sedikit merusak tampilan masakan, namun tinta berwarna hitam ini perlu dikonsumsi.

Seperti dilansir Examiner, tinta hitam cumi dapat membantu melawan sel kanker. Menurut studi yang dilakukan CellsNew, tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru.

Hal serupa juga ditemukan dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang dilakukan di Handong University's School of Ocean Sciences. Ternyata kandungan zat pada tinta cumi dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Penggunaan tinta cumi tidak hanya sebagai kuah masakan, namun tinta cumi dapat dijadikan sebagai pewarna alami pasta dan nasi. Kandungan asam glutamat dan asam aminonya memberikan rasa gurih dan sedikit asin seperti saus ikan. Karena itu banyak orang yang menggunakan tinta cumi untuk penambah rasa alami pada hidangan.

Karena tidak banyak orang yang menyukai tinta cumi, maka banyak yang membeli cumi-cumi bersih tanpa tinta. Tak ada salahnya mulai sekarang beli cumi-cumi yang masih bertinta.

http://3.bp.blogspot.com/--Q2-YkxNWhM/UG0a6ikjLBI/AAAAAAAAAQE/NIkUVQhC27I/s1600/cumi-cumi.jpg


 BERIKUT RESEP NYA :

Bahan :


1/4 kg (250 gr) cumi , cuci dan iris sesuai selera (buang tulangnya yg spt plastik)
5 siung bawang putih ( diiris tipis)
1/2 siung bawang bombay ( cincang kecil2)
1 buah cabe merah besar, diiris tipis
cabe kecil ( sesuai selera )
air asam jawa satu sendok makan
sedikit jahe, memarkan
1 buah tomat diiris tipis
garam 1 sendok teh
gula 1 sendok teh


Cara membuat :

Tumis sampai harum irisan bawang putih, bawang bombay, cabe merah,cabe kecil dan jahe .
Masukkan irisan cumi, air asam dan irisan tomat. Tambahkan sedikit air. 

Masukkan garam dan gula. Aduk-aduk sebentar dan biarkan mendidih serta air agak meresap.
( 10-15 menit ) .( Jangan terlalu lama biar tidak kenyal/keras). Setelah matang hidangkan.

Selamat Mencoba!