Senin, 11 Maret 2013

Menikmati Budaya India Tanpa ke Negaranya


(jelajahunik) INDIA adalah negara yang kaya dengan budaya, tradisi, dan seni, membuatnya salah satu tujuan wisata yang sangat menarik. Sayangnya, India cukup jauh untuk dicapai dari Indonesia.

Namun tidak perlu khawatir. Bila ingin menikmati sensasi kehidupan asli India, Anda tidak perlu harus ke negaranya. Beberapa negara berikut ini memiliki kampung India, yang siap menghadirkan nuansa asli kehidupan komunitas India seperti aslinya, seperti dikutip Travelwire, Rabu (01/02/2012):

Malaysia

Malaysia mengklaim dirinya sebagai tepat berkumpulnya etnis-etnis dari berbagai budaya dan bangsa di Asia. Little India, sebuah kampung India di Kuala Lumpur merupakan salah satu tempat perkumpulan India yang paling aktif dan juga historik.

Kampung India ini terletak di bagian tua kota Kuala Lumpur yang dikenal dengan nama Jalan Masjid India, sebuah area yang mendapatkan namanya dari sebuah masjid tua disini yang dibangun pada 1870an oleh komunitas Muslim India. Dengan pasar meriah dan pilihan makanan jalanan yang banyak, kampung India ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Kuala Lumpur.

Hong Kong

Hong Kong juga menjadi 'jembatan' penghubung berbagai bangsa di Asia, dengan banyaknya etnis yang hidup di kota ini, salah satunya adalah masyarakat komunitas India. Mereka menempati distrik Tsim Sha Tsui, yang selain didominasi warga asal India juga warga Pakistan dan Afrika. Distrik ini cukup padat dengan pertokoan, dan kompleks bangunannya kerap dijadikan lokasi syuting film-film Mandarin.

Singapura

Kampung India di Singapura terletak di bagian timur Sungai Singapura, di area Rochor yang ditempati sejumlah besar komunitas masyarakat Tamil. Selain menjadi area perbelanjaan dan kuliner, area ini juga menjadi atraksi wisata saat festival-festival khas India berlangsung, seperti Festival Deepavali (Festival Cahaya) dan Thaipusam. Di area yang disebut Little India ini juga terkenal dengan pertokoan barang-barang elektronik dengan harga yang sangat murah.

Thailand

Distrik Pahurat di Ibu Kota Thailand, Bangkok, telah menjadi rumah bagi etnis India beragama Hindu, Muslim, dan Sikh sejak awal 1900an. Salah satu landmark paling menarik di area distrik ini adalah kuil Sikh kubah emas tujuh lantai yang dibangun pada 1933, kemudian mengalami renovasi dan dibangun kembali pada 1981. Terletak sepanjang Jalan Phahurat di distrik Phra Nakhon, area India ini penuh situs keagamaan, pertokoan kecil, dan tempat makan.

Myanmar

Myanmar dan India masih memiliki hubungan yang sangat dekat, karena leluhur kedua negara ini berasal dari 'akar' yang sama sehingga kebudayaannya pun hampir serupa. Terutama hal ini terlihat di ibukota Myanmar, Yangon. Jalan Anwaratha di kota ini sangat menggambarkan karakter India.

Kota Yangon merupakan tempat peristirahatan terakhir pemimpin kerajaan Mughal di India, Bahadur Shah Zafar. Pemakaman raja ini pun unik, dengan representasi sejarah India yang disimbolkan dengan banyak lorong.

Dubai

Warga India yang ada di Dubai umumnya adalah para pekerja yang berimigrasi saat kota ini muali berkembang menjadi salah satu kota paling moderen di Asia yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

Sebagai salah satu kota paling liberal di Timur Tengah, populasi Dubai terdiri dari 36 persen warga India, 11 persen Pakistan, dan 6 persen Bangladesh. Kampung India yang ada di Dubai terkenal dengan pertokoan tekstil dan kulinernya.