Minggu, 28 April 2013

4 Cara Agar Punggung Tidak Bungkuk



(Jelajahunik) Tanpa disadari aktivitas sehari-hari dapat membuat punggung Anda semakin membungkuk. Mulai dari cara duduk hingga penggunaan ponsel dapat memicu terjadinya pembungkukan.

Cobalah tengok lagi kebiasaan sehari-hari. Perhatikan empat hal ini demi menjaga punggung yang sehat serta postur tubuh yang sempurna.


1. Posisi tidur
Saat istirahat, seperti dikutip dari Times of India, sebaiknya jangan terlalu banyak menopang kepala dengan bantal. Ini dapat memicu munculnya masalah pada punggung dan ketegangan di bagian leher.

Para ahli mengatakan kepala harus disangga dengan baik sesuai dengan kondisi tulang belakang. Saat berbaring telentang, cukup gunakan satu bantal. Ketika ingin tidur di satu sisi, gunakan dua bantal, ini untuk menghindari cedera di sudut leher. Selain itu, Anda juga harus mengganti bantal tiap enam bulan sekali untuk menjaga kualitas dan kenyamanannya.

2. Duduk di depan komputer
Pastikan ketika bekerja di depan komputer, Anda mendapatkan posisi yang tepat. Duduk berjam-jam di depan layar dapat membebani bagian tengah tulang belakang yang membuat fleksibilitas menurun, serta meningkatkan risiko ketegangan.

Untuk itu, sesekali dianjurkan untuk istirahatkan mata, lalu buat bahu jadi rileks. Misal, dengan menarik bahu ke atas, tahan selama 10 detik lalu kembali turun. Ulangi 10 kali.

3. Gunakan ponsel
Saat menghubungi rekan kerja via telepon, Anda kerap melengkungkan punggung. Tak hanya itu, menggunakan ponsel berlebihan untuk kirim pesan singkat atau email seringkali Anda melihat ke arah bawah terus menerus.

Selain itu hal ini dapat mengakibatkan bahu, leher, dan pergelangan tangan nyeri dalam jangka pendek. Pembungkukan tulang belakang bisa terjadi dalam jangka waktu panjang. Buat otot lebih rileks dengan memutar kepala dan leher dengan perlahan.

4. Ketika menyetir
Pastikan headrest dan kaca spion berada di posisi ketinggian yang tepat. Ini untuk memastikan Anda duduk dengan tegak, guna melindungi pembungkukan punggung.