Selasa, 30 April 2013

4 Teknologi Canggih Masa Depan yang Segera Hadir


(jelajahunik) Hidup di jaman sekarang adalah hal yang sangat menyenangkan. Pasalnya banyak sekali teknologi baru yang bermunculan setiap harinya. Bahkan beberapa dari teknologi tersebut mungkin tidak pernah terlintas di pikiran kita satu dekade yang lalu.

Sekarang, berbagai konsep teknologi masa depan sudah banyak bermunculan di sekitar kita dan bukan hal yang mustahil jika beberapa tahun ke depan kita sudah bisa menikmati teknologi tersebut. Apa sajakah teknologi tersebut? 


1. Mesin Pembaca Pikiran

Teknologi selanjutnya yang mungkin akan membuat Anda tercengan adalah mesin pembaca pikiran. Beberapa waktu yang lalu, beberapa peneliti dari Gallant Lab melakukan uji coba dengan menempatkan seseorang pada sebuah mesin MRI selama beberapa jam. Selama di dalam mesin MRI, para peneliti itu merekam semua aktivitas otak orang tersebut untuk kemudian merekonstruksikannya menjadi sebuah gambar. Hasilnya, secara menakjubkan gambar yang dihasilkan ternyata mirip seperti apa yang dipikirkan oleh orang tersebut. dengan begitu maka secara tidak langsung mesin tersebut telah berhasil membaca pikiran orang itu.

Dengan munculnya mesin ini tentunya akan sangat berguna bagi para penegak hukum untuk dapat membaca pikiran dari para pelaku kriminal. Selain itu, dengan mesin ini juga kita bisa memutar ulang mimpi yang kita dapatkan ketika tidur. Untuk melihat teknologi ini.


2. Mobil Otomatis


Salah satu teknologi masa depan pertama yang akan segera hadir ke hadapan Anda adalah Mobil dengan kemudi otomatis. Mobil yang dilengkapi dengan radar, laser dan scanner ini telah beberapa kali sukses di uji coba dalam medan sebenarnya, termasuk di jalanan yang penuh sesak dengan kendaraan.

Mobil yang dikembangkan oleh Google ini diklaim sebagai mobil yang sangat aman karena mobil ini dilengkapi berbagai macam sensor yang dapat melihat ke segala arah. Selain itu mobil ini juga mampu membuat keputusan yang lebih cepat ketimbang manusia. Dan yang paling menguntungkan adalah mobil ini dapat tetap tenang dalam berbagai keadaan apapun karena mobil ini tidak akan terbawa emosi ketika jalanan macet atau ada insiden lainnya.

Dengan mobil ini maka diprediksikan bahwa kecelakaan lalu lintas akan berkurang karena selama ini penyabab utama kecelakaan adalah kelalaian manusia yang mengendalikannya. Untuk melihat teknologi ini.


3. Kerangka Robot


Pernahkah terbayang di pikaran Anda untuk masuk ke dalam sebuah kerangka robot dan kemudian Anda akan memiliki tenaga yang berlipat ganda? Hal tersebut mungkin akan segera hadir ke hadapan Anda. Saat ini banyak sekali pasukan militer yang melakukan uji coba dengan kerangka robot ini untuk meningkatkan kemampuan mereka di medan perang. Pasalnya dengan menggunakan teknologi ini, para tentara dapat berlari lebih cepat dan dapat menembak lebih banyak dan lebih akurat dari sebelumnya.

Selain itu, teknologi kerangka robot ini juga pastinya akan sangat berguna bagi para penyandang cacat untuk menggantikan kaki atau tangan mereka yang hilang. 


4. Robot Bayi


Selama ini kita pasti sudah mengetahui berbagai macam robot terbaik yang pernah dibuat oleh manusia, seperti robot asimo misalnya. Namun seperti halnya robot-robot yang lain, robot asimo harus terlebih dahulu diprogram agar bisa melakukan berbagai hal. Namun sekarang sudah muncul sebuah robot yang dapat belajar untuk melakukan berbagai hal tanpa diprogram terlebih dahulu, robot tersebut bernama iCub.

iCub merupakan sebuah robot berukuran sebesar bayi dan juga bertingkah laku seperti bayi. Artinya robot ini dapat Anda ajari untuk melakukan berbagai macam hal sederhana seperti mengikuti kata-kata yang Anda ucapkan, melempar bola dan lainnya. Robot ini memang masih dalam tahap permulaan dari robot-robot lain yang sejenis. Namun bukan tidak mungkin bahwa akan muncul robot-robot lain yang dapat diperintahkan apa saja. Sehingga mungkin saja suatu saat mereka dapat bekerja untuk menggntikan manusia atau bahkan ikut berperang di medan pertempuran