Rabu, 17 April 2013

Pemanis Alami Yang Menyehatkan

(jelajahunik) Siapa yang tidak suka makanan manis? Saya yakin semua orang pasti suka, namun risiko terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa berisiko buruk bagi kesehatan yakni bisa menyebabkan penyakit diabetes. 


Pemanis Alami Yang Menyehatkan


Bagi Anda yang suka dengan yang manis manis namun mau tetap sehat berikut ini ada beberapa pemanis alami yang sehat untuk dikonsumsi dan yang pasti tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut 5 Pemanis Alami Yang Alami Yang Menyehatkan:

1. Madu.

Pilihan yang satu ini adalah cara klasik yang digunakan untuk mengganti rasa manis dari gula. Selain kalorinya lebih sedikit dari gula, kelebihan lainnya adalah rasanya lebih manis. Madu juga menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti antibakteri dan juga limpahan vitamin C.

2. Sirup beras merah.

Beberapa tahun terakhir, penggunaan sirup beras merah makin populer, terutama untuk makanan kesehatan maupun hanya sekedar camilan. Beras merah sendiri mengandung serat, mengan, niasin, kalsium, dan juga vitamin B.

3. Gula aren.

Gula aren memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu sebesar 35, sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. Proses pembuatan gula aren umumya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh.

4. Agave.

Tanaman asli pegunungan Los Altos, Meksiko ini merupakan bahan dasar pembuatan minuman Tequila dan rasanya lebih manis dari gula.

5. Blackstap molasses.

Merupakan sirup yang dihasilkan dari rebusan sari tebu sebanyak 3 kali perebusan. Sirup ini memiliki rasa manis yang kuat dan juga menyehatkan. Biasa digunakan dalam campuran oatmeal.