Sabtu, 11 Mei 2013

10 Pelatih Sepakbola Dengan Bayaran Termahal



Seorang pelatih dalam sepakbola menjadi faktor utama kesuksesan sebuah tim. Tak heran jika ada banyak pelatih yang dibayar mahal untuk mengawal satu kesebelasan. Nah, daftar 10 pelatih dengan gaji termahal telah dikeluarkan oleh France Football
Daftar tersebut diolah dari data-data selama tahun 2012 dengan penghitungan pendapatan berdasarkan mata uang Euro. Berikut ini adalah 10 pelatih dengan pendapatan pertahun terbesar di dunia.

1. Jose Mourinho 
Jose Mourinho
Peringkat gaji terbesar dunia dipegang oleh pelatih Real Madrid ini. Dengan gaji sebesar 14,8 juta Euro (Rp186 miliar), setiap orang pasti sepakat jika pelatih berumur 50 tahun ini pantas menempati ranking pertama pelatih dengan pendapatan per tahun terbesar. 

Mourinho yang juga pernah melatih tim Chelesa ini pernah dinobatkan oleh FIFA sebagai pelatih terbaik di tahun 2011. Sejak tahun 2004, pelatih ini telah 8 kali tercantum dalam daftar pelatih terkaya versi France Football.

2.Carlo Ancelotti 

Carlo Ancelotti
Pelatih kelahiran 10 Juni 1959 ini pernah puluhan kali membela tim nasioal Italia. Kini, ia menjadi pelatih Paris Saint Germain dengan pendapatan 13,5 juta Euro (Rp169 miliar).

3. Pep Guardiola

Pep Guardiola


Barcelona memiliki pelatih muda yang tangguh. Dan dia adalah Pep Guardioala dengan gaji 9,5 juta Euro (Rp119 miliar). Pengalaman bermain di tim Spanyol pun membuatnya ditarik sebagai pelatih Barcelona. Kini, ia mengasuh tim Bayern Munchen sejal Januari lalu.

4. Arsene Wenger


Arsene Wenger
Arsenal masih setia dengan pelatih dari Prancis ini. Atau mungkin sebaliknya, Wenger memang layak untuk melatih the Gunners. Meskipun tim ini tidak kunjung menghasilkan performa signifikan, namun Wenger tetap dibayar 9 juta Euro (Rp113 miliar) permusim. 

Pelatih yang berusia 63 tahun dan dijuluki The Professor ini juga menguasai 6 bahasa asing. Tak heran jika dia mampu berkomunikasi dengan baik di antara para pemain.

5. Guus Hiddink


Guus Hiddink
Ia adalah mantan pelatih Chelsea yang sekarang melatih Anzhi Makhachkala, klub di Rusia. Untuk mengasuh tim tersebut, Hiddink dibayar 8,6 juta Euro (Rp108 miliar).
6.Fabio Capello

Fabio Capello
Sepak bola dunia memiliki salah satu pelatih terbaik seperti Fabio Capello. Pria berusia 66 tahun ini masuk dalam daftar pelatih termahal dengan gaji 8,5 juta Euro (Rp106 miliar).
7. Sir Alex Ferguson 

Sir Alex Ferguson
Ferguson memang pelatih terkenal yang mengawal tim tangguh Machester United. Namun pendapatannya masih kalah jauh dibandingkan dengan Mourinho atau Wenger.
Untuk satu musim, pelatih ini dibayar sebesar 8 juta Euro (Rp100,5 miliar). Walaupun jumlah tersebut masih menempatkan dia dalam daftar pelatih termahal di dunia.
8. Dick Advocaat


Dick Advocaat
Mantan pelatih tim Rusia berusia 65 tahun ini digaji sebesar 7 juta Euro (Rp88 miliar). Namun kegagalan tim nasional Rusia di piala duia 2012 membuatnya merasa harus mengundurkan diri.
9. Jose Antonio Camacho 
Jose Antonio Camacho
Camacho adalah andalan tim nasional China dengan bayaran 6,1 juta Euro (Rp76,6 miliar). Pelatih ini juga pernah memperkuat tim Spanyol dan Real Madrid.
10. Roberto Mancini 

Roberto Mancini
Peringkat terakhir ditempati oleh Mancini. Sebagai pelatih Manchester City, ia menerima bayaran sebesar 5,9 juta Euro (Rp74,1 miliar).
Via: therichest