Rabu, 15 Mei 2013

Cantiknya Fenomena Alam "Laut Awan" di Jepang


Jepang memiliki alam yang indah dengan fenomenanya yang mengundang decak kagum. Di pulau Hokkaido ada sebuah lokasi di dalam Tomamu Resort yang memberikan pemandangan tak biasa. Di sana pengunjung dapat melihat pemandangan di bawahnya yang tertutup awan.

Fenomena ini disebut unkai (lautan awan) yang selama bertahun-tahun telah menarik banyak turis berdatangan. Lautan awan bergumpal tersebut terjadi akibat perbedaan suhu selama beberapa jam saat malam oleh sumber air panas alam di sana. Banyaknya gumpalan awal terlihat seperti permukaan laut yang mengelilingi gunung di sana.

Pengunjung dapat menyaksikan fenomena alam ini dengan naik kereta gantung dengan tarif USD 20 (Rp 200 ribuan) untuk menuju puncak bukit. Di sana pengunjung akan berkumpul di sebuah teras yang menyajikan pemandangan lautan awan menutup sempurna pemandangan di bawah mereka. Sambil menikmati minuman panas, mereka juga bisa menonton matahari terbit dan gunung Hidaka serta Tokachi yang indah.

Teras tersebut terbuka untuk turis selama musim panas hingga September. Namun lautan awan tidak selalu terjadi, kadang hanya 40 persen menutup pemandangan. Lautan awan terbentuk sempurna hanya saat pagi hari kisaran pukul 4-8 di musim penghujan karena mempertebal kabut akibat tingkat kelembaban tinggi.