Minggu, 30 Juni 2013

7 Dekorasi Yang Identik Dengan Imlek


Imlek, tahun baru China yang kerap dirayakan dengan semarak. Beberapa dekorasi berikut ini pun kebanyakan hanya ditemukan ketika orang-orang merayakan Imlek saja.

Bagi Anda yang juga hari ini merayakan Imlek, coba tengok beberapa dekorasi seperti yang dikutip dari Party.LoveToKnow berikut ini. Apakah semuanya sudah tersedia dan siap ikut meramaikan perayaan Imlek tahun ini?

1. Barongsai
Barongsai adalah salah satu seni tarian tradisional China yang menggunakan kostum singa setengah anjing dengan warna dominan merah dan emas. Para penari mengenakan kostum tersebut dan menari pada festival perayaan Imlek.

Dekorasi kostum singa anjing ini berdasar pada sebuah mitos yang mengatakan bahwa singa mampu melindungi warga dari roh jahat dan mengundang keberuntungan.

2. Shio
Shio adalah zodiak China yang selalu penting disebutkan dalam setiap perayaan Imlek. Tahun ini adalah tahun ular air. Simbol-simbol tersebut pun selalu muncul dalam setiap dekorasi perayaan Imlek.

Beberapa simbol muncul di kalender, banner, koin, dan hiasan-hiasan berbentuk ular. Bahkan pada kartu ucapan Imlek pun, shio tahun baru China juga dicantumkan.

3. Lampion
Lampion adalah salah satu dekorasi wajib yang dipajang saat Imlek tiba. Ada pula festival khusus lampion yang jatuh pada hari ke-15 setelah tahun baru.

Lampion dipajang di mana-mana selama perayaan tahun baru berlangsung. Fungsi lampion itu adalah sebagai lambang bulan baru yang mampu membahagiakan banyak orang. Tentu saja, warna dari lampion itu kebanyakan adalah merah.

4. Angpau
Angpau, atau uang saku yang ditaruh dalam amplop warna merah. Amplop inilah yang menjadi salah satu dekorasi yang identik dengan Imlek. Amplop merah yang digunakan biasanya memiliki karakter China yang disulam dengan benang warna emas.

Hampir sama seperti tradisi pemberian uang saku saat Lebaran yang dirayakan umat Islam, angpau ini punya sedikit aturan yang berbeda. Sebab semakin tua seseorang, semakin besar nominal uang yang diterima.

5. Petasan
Dekorasi berikutnya adalah petasan. Ada kepercayaan yang menyebutkan petasan mampu membangunkan naga yang tengah terbang di langit dan menurunkan hujan untuk usaha pertanian.

Kepercayaan lain mengatakan suara berisik dari petasan akan mengusir roh jahat dan menggantinya dengan keberuntungan. Baik anak-anak sampai orang dewasa, semua menikmati masa-masa bermain petasan saat Imlek.

6. Serba merah
Bukan cuma di luar rumah yang memajang lampion merah, dekorasi di dalam rumah pun identik dengan warna merah dan emas.

Elemen merah dan emas paling banyak ditemukan di meja dan dinding. Biasanya jeruk juga banyak ditemukan ketika Imlek karena warnanya yang menyerupai emas.

7. Kembang api
Terakhir, sama seperti tahun baru masehi, Imlek juga identik dengan kembang api. Apalagi kembang api ini ternyata berasal dari China dan selalu menjadi dekorasi wajib ketika Imlek tiba.

Warga China di Jepang bahkan memiliki festival tersendiri untuk menyalakan kembang api. Kembang api umumnya dinyalakan pada malam tahun baru Imlek.