Minggu, 02 Juni 2013

Cincin di Film The Lord of the Rings Memang Benar Nyata


Apabila Anda mengira cincin yang dijadikan rebutan di film The Lord of the Rings itu hanyalah fiksi, mungkin Anda salah. Cincin itu benar-benar ada, dalam bentuk dan cerita yang berbeda tentunya.

Sebuah cincin kuno ditemukan di sebuah tempat yang dulunya berdiri sebuah kota Roma kuno (Calleva Atrebatum), di selatan Inggris pada tahun 1785 lalu. Memang penemuan tersebut bukan menjadi satu hal yang baru mengingat tahun ditemukannya cincin itu sudah lama sekali.

Namun, dikutip dari Fox News (02/04), yang menjadikan menarik dalam hal ini adalah apabila dikaitkan dengan tulisan John Ronald Reuel Tolkien, The Lord of the Rings (TLOTR), dengan tagline "One Ring to rule them all," benar-benar ada.

Memang secara bentuk dan history atau sejarahnya, cincin yang ditemukan tersebut berbeda dengan apa yang ada dalam film TLOTR, namun alur cerita film dan sejarah dari cincin tersebut hampir mirip.

Cincin yang menjadi salah satu penghuni acara pameran di Vyne, Hampshire, Inggris tersebut terbuat dari emas dengan berat 12 gram dan terdapat gambar dewi Venus serta tulisan melingkar berbunyi, "Senicianus live well in God."

Dave Green, Manager Property acara tersebut menjelaskan bahwa cincin tersebut merupakan cincin kutukan. Sejarahnya, pada zaman dahulu seorang pria bernama Silvianus kehilangan cincin miliknya dan menurut cerita, sang pencuri bernama Senicianus. 

Setelah mengetahui bahwa Senicianus-lah yang mencuri cincinnya, maka Silvianus meminta kepada dewa Nodens agar menjatuhkan kutukan kepada siapa saja yang menggunakan cincin tersebut. Kutukan akan berakhir apabila cincin tersebut dikembalikan ke kuil Nodens.

Menurut Wikipedia, J.R.R Tolkien selain menjadi seorang penulis, dia juga diketahui sebagai seorang peneliti sekaligus seorang profesor Anglo-Saxon di Oxford. 

Dia pernah meneliti situs purbakala bernama Lydney di Gloucestershire, Inggris, yang disebut juga dengan nama bukit kurcaci bersama Sir Mortimer Wheeler. 

Dari penelitian serta tulisannya berjudul The Lord of the Rings dan The Hobbit tersebut, banyak pengamat yang memperkirakan bahwa Tolkien memang sengaja menulis cerita tersebut dengan inspirasi dari cincin Silvianus serta bukit kurcaci itu.


Apabila perkiraan para pengamat benar, maka dapat dibilang cincin di film TLOTR tersebut memang benar-benar ada namun dalam sudut pandang cerita dan sejarah yang sedikit berbeda.