Rabu, 24 Juli 2013

Tips-Trick Merawat Jam Tangan


Bersihkan Kaca Jam
Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam nya tahan goresan, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang apabila digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka lapisan tersebut akan semakin tipis, mudah rusak, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan.

Bersihkan Tali Jam sesuai dengan Jenisnya

Untuk Tali Rubber
Untuk bagian tali jam tangan yang terbuat dari karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang , bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur.

Untuk Stainless

Kalau yang terbuat dari stainless steel murni (biasanya pada jam original) yaitu dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw, yang merupakan campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. Kalau agan tidak yakin itu stainlessnya murni, lebih baik agan menggunakan cairan yang dijual di toko2 jam tertentu untuk membersihkannya. Nah kalau udah yakin (dan tau) kalau jam agan itu kw baik kw 1-kw super maka hindari alkohol dan parfum, mereka anti banget sm 2 benda tsb gan. Kalau agan bilang “Parfum ane ori gannn!”, ane bakal jawab “Ga ngaruhh gann ori atau kw parfum ente"

Untuk kanvas

Kalau yang terbuat dari kanvas. Caranya mudah, cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal ini akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas koran dan tidak menimbulkan bau.

Jangan Melipat Tali Jam

Jangan terlalu sering melipat atau menbengkokkan tali jam tangan yang terbuat dari kulit atau karet karena itu akan mengakibatkan retak atau belah pada bagian yang sering terlipat.

Jauhkan dari Air

Sebisa mungkin jauhkan jam dari air. Water Resist / Water Proof / Tahan Air bukan berarti tidak rusak kalau terkena air. Pada Jam Casio misalnya, ketahanan jam teruji ketika berenang pada kedalaman tertentu, namun, jika saat berenang atau jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka kemungkinan besar air akan masuk perlahan (sedikit demi sedikit), hal ini akan menyebabkan rusaknya jam anda, berembun, atau kalau pada jam digital akan mengalami kerusakan.

Jauhkan dari Zat Kimia Tertentu

Jauhkan jam dari zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. (kecuali pada Jam Tangan Original yang memang teruji ketahanannya terhadap zat-zat yang telah disebut sebelumnya.)

Perhatikan Baterai Jam Anda

Segera mengganti baterai jika sudah habis. Atau kalau tidak sempat, agan harus langsung membuang batere yang telah mati tersebut. Kenapa? Karena jika baterai sudah expired / kadaluarsa / mati / rusak , biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif dan merusak pada mesin jam tangan.

Servis Berkala

Bila memiliki Jam Tangan Otomatis/Automatic, maka servis berkala sangat dianjurkan, kira-kira 1 tahun sekali itu sudah cukup untuk menjaga dan merawat Jam Tangan otomatis agar tahan lama dan awet dipakai.

Usahakan Selalu Kering

Usahakan jam tangan anda selalu kering, segera bersihkan jika terkena air, minyak, keringat, atau zat2 yang bisa merusak lainnya.

Bersihkan setelah dipakai

Setelah dipakai seharian, lepaskan dan bersihkan bagian belakang kepala jam dan talinya dengan cara mengusap menggunakan kain halus atau tisu yang lembut. Untuk bagian kaca jam, usahakan untuk tidak menggunakan tisu.

Jangan bawa tidur

Sebisa mungkin jangan membawa jam tangan agan tidur, karena itu bisa menyebabkan bau kurang sedap yang berasal dari tali jam tangan. Selain itu juga dapat menyebabkan tali jam berjamur.

Penempatan dan Penyimpanan yang Benar

Kalau tidak sedang digunakan, tempatkan jam tangan agan di masing2 kotaknya. Selain supaya lebih rapih, supaya jam tangan agan terhindar dari resiko jatuh, baret dan debu. Atau kalau agan mau lebih simpel, agan beli kotak jam multifungsi yang bisa muat untuk menyimpan banyak jam. Pilih kotak penyimpanan jam yang bagian dalamnya berbahan dasar lembut sehingga tidak merusak jam. Kalau perlu, tambahkan silica gel di dalamnya.

Jangan sampai Jatuh

Usahakan jangan sampai jatuh, karena setahan apapun jam, jika sudah jatuh maka lambat laun akan merusak komponen di dalamnya atau setidaknya akan mengendurkan komponen yang ada di dalam jam tangan, ketika kendur maka kemungkinan besar air akan masuk dan bisa menyebabkan karat pada jam tangan.

Jangan menggunakan terlalu kencang

Saat memakai jam tangan , jangan terlalu kencang, karena kondisi yang terlalu kencang dalam mengikatkan jam tangan pada tangan kita akan menimbulkan kondisi lembab, mudah iritasi pada jenis jam tangan yang mempunyai tali kulit (karena berasal dari kulit hewan), juga pada gelang jam yang terbuat dari bahan karet.

Jauhkan dari Medan Magnet

Jauhkan dari Medan Magnet yang kuat jika ingin perawatan jam tangan anda berjalan secara optimal , seperti magnet, tv, loudspeaker, kulkas dll Barang-barang yang memiliki daya magnetik dapat memiliki pengaruh buruk terhadap jam tangan. Magnet yang dihasilkan oleh objek-objek tersebut akan menghasilkan gaya tarik menarik terhadap komponen jam tangan kesayangan agan.

Jangan digunakan untuk aktivitas berat

Untuk beberapa tipe jam tangan, jangan dipakai saat aktivitas berat,karena pergerakan ekstrim menyebabkan komponen bergeser dan tidak berjalan secara optimal.

Jika Terlanjur Rusak

Tips yang terakhir adalah, jika terjadi kerusakan pada jam tangan agan, sebaiknya bawalah jam tersebut ke Service Center yang resmi. Atau service center yang terpercaya, yang telah memiliki reputasi yang baik. Untuk beberapa service center yang terpercaya, mereka akan memberikan garansi bahwa komponen jam yang agan reparasi tidak akan ditukar dengan komponen lain kecuali dengan sepengetahuan dan seizin agan.

Note  Ada beberapa kasus dimana tukang reparasi jam menukar komponen jam dengan kualitas lebih rendah untuk mendapatkan komponen original.