Senin, 12 Agustus 2013

Jenis-Jenis Olahan Ketupat Asli Indonesia.

Lebaran gak ada ketupat kayak ada yang kurang. Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap Lebaran (Hari Idul Fitri) di mana Umat Muslim merayakan kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh (itu kalau gak bolong, hehe)

Ternyata, ketupat tidak hanya di jumpai di Indonesia saja. Makan yang terbuat dari beras dan di bungkus daun kelapa muda ini dapat kita jumpai juga di beberapa negara Asia, seperti negara tetangga Malaysia dan Singapore. Di Indonesia sendiri di setiap daerah memiliki olahan ketupat yang berbeda dan lezat pastinya. Oke kita simak saja, jenis-jenis ketupat yang ada di Indonesia berikut ini.




1. Ketupek Katan Kapau

Ketupek Katan Kapau, adalah ketupat yang di masak menggunakan santan berbumbu, di masak hingga santan menyerap kedalam ketupat. Biasanya di makan sebagai hidangan pembuka, dengan cita rasa gurih. Namun juga bisa di sandingkan deng lauk yang bercita rasa pedas, seperti itik cabe hijau. Maka akan menambah kenikmatannya. (jadi ngileeerrr.....)

2. Ketupat Glabed

Ketupat asal Tegal ini di beri nama unik yaitu Glabed, arti kata Glabed sendiri adalah kata-kata yang mengekspresikan kuah kental berwarna kuning, yang di santap dengan ketupat, kuah kental inilah Glabed. Cara menikmati ketupat Glabed adalah ketupat di potong-potong, di beri irisan tempe dan di siram kuah kuning kental (Glabed). Dan di santap dengan kerupuk mie yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang, mantap...

3. Ketupat Betawi (Bebanci)

Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah
ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi
dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blegong (Tegal)

Satu lagi masakan ketupat khas Tegal Ketupa Blegong. Kupat Blengong, kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa. Unik ya?

5. Ketupat Bongko (Tegal)

Masih dari tegal, kali ini giliran ketupat Bongko, ketupat yang di santap dengan tempe yang telah di asamkan (Bongko) rasanya gurih, asam, segar. Wow...

6. Ketupat cabuk rambak (Solo)

Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen yang nikmat (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng/). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7. Ketupat/Lontong Sayur

Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih,
tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur
rebus dan ditaburi bawang goreng. Ketupat sayur ini sering di jumpai setiap harinya tidak muncul pada saat Lebaran saja.