Selasa, 13 Agustus 2013

Penulis Dan Novel Pertama Di Dunia.

Bagi yang hobi membaca, hampir tidak mungkin kalau tidak tahu tentang Novel. Sebuah buku tebal yang berisi cerita panjang, yang menceritaka tentang kisah nyata atau hanya karangan imajinatif saja. Banyak para Novelis (Penulis Novel) yang terkenal dan kaya raya, serta karyanya di angkat di layar lebar yang otomatis menambah pundi-pundi kekayaan mereka. Wow, dari sebuah tulisan yang bisa menguntungkan dan menginspirasi dunia.

Namun, tahukah anda siapa Novelis pertama dan apa Novelnya? Nah, saya rasa ada banyak yang seperti saya jawabanny, "Tidak Tahu", hahaha... Nah, mari kita bahas. Novelis pertam di dunia adalah seorang wanita dari Jepang, yang bernama Murasaki Shikibu.


Murasaki Shikibu (973)

Namun namanya tersebut bukanlah nama aslinya, hanya nama samaran atau nama pena saja. Yang tercatat dalam literatur sejarah, hanya diketahui Murasaki lahir sekitar tahun 973 dari keluarga yang cukup terpandang di Jepang, yaitu keturunan bupati pertama di Fujiwara.

Sosok Murasaki di gambarkan sebagai wanita yang cerdas. Dan pada tahun 998 Dia pun menikah dan di karuniai seorang anak perempuan. Namun sayang, kebahagiannya tak berlangsung lama, suaminya meninggal pada tahun 1001. Setelah beberapa tahun sepeninggalan suaminya, Murasaki di minta untuk menjadi dayang-dayang di Istana Heian karena kemampuan menulisnya dan pemikirannya yang cerdas.

Sekarang kita membahas Novel karya Murasaki, novel ini di beri judul "Genji Monogatari", yang dalam bahasa Inggris berarti "The Tales of Genji" dan dalam bahasa Indonesia "Hikayat Genji". Novel ini memiliki 54 bab dengan total 1000 halaman.


The Tale of Genji

Tata bahasa yang di gunakan Murasaki sangatlah rumit, bahkan bagi.orang Jepang sekalipun. Namun akhirnya berhasil di terjemahkan dalam berbagai bahasa dan di pentaskan juga.

Tak banyak yang di ketahui tentang kehidupan Murasaki setelah menulis Novel ini, banyak mengatakan Ia mulai menulis Novel Tale Of Genji ini sejak suaminya masih hidup. Dan Tale Of Genji menjadi novel roman pertama pula. Karya Murasaki yang di terbitkan juga yaitu berupa kumpulan puisi dan catatan hariannya.