Selasa, 13 Agustus 2013

Rumah Unik Di Indonesia, Dari Yang Seni Hingga Misteri

Di Indonseia, selain terkenal akan kekayaan alamnya (hingga di jarah orang) juga terkenal akan nilai seninya yang tinggi, tengngok saja desain rumah-rumah tradisional Indonesia, sarat akan nilai seni tinggi. Namun tak jarang mengandung unsur misteri pula.

Oke, sekarang kita akan membahas rumah-rumah dengan desain unik yang ada di penjuru tanah air ini, mulai yang sarat akan nilai seninya hingga misterinya. Rumah-rumah ini akan di bagi menjadi dua kategori. Yang berbau Seni dan yang berbau Misteri, hmm... Bau??? Ya sudahlah, kita simak saja rumah-rumah di bawah ini.


Rumah Unik Di Indonesia (Seni)



1. Rumah Pohon Suku Korowai


Suku Korowai yang tinggal di pedalaman Papua memiliki tempat tinggal (Rumah) yang sangat unik. Rumah mereka berada di atas pohon dengan ketinggian mencapai 50 meter, kereeeeennn... Rumah pohon suku Korowai tak kalah dengan rumah pohon luar negri, Salut. Karna itu juga mereka mendapat julukan manusia pohon (bukan orang utan). Salut salut, 50 meter loh.


2. Goa Gala Di Bali


Goa buatan ini miliki seorang petapa dari Bali yang bernama
Made Byasa, goa yang terletak di Nusa Lembongan Bali ini memakan waktu 15 tahun pembuatan hingga kini, proses yang lama ini karna peralatan yang di gunakan sangatlah sederhana.

Goa ini letaknya di bawah tanah, tepat di sebuah liang batu kapur. Di dalam goa ini terdapat ruang-ruang yang berfungsi sebagai ruang tamu, dua buah kamar tidur, kamar mandi, sumur dan dua buah dapur, Mantap.


3. Rumah Domes Di Yogyakarta.


Rumah Domes ini di dan di desain menyerupai rumah iglo suku Eskimo di kutub utara. Unik, warga sekitar sering mnyebutnya sebagai rumah Teletabies, hahaha asal jangan yang tinggal aja yang mirip teletabies. Rumah unik ini dapat kita jumpai di Perkampungan Domes New Nglepen.


4. Rumah Botol Di Bandung


Rumah Botol yang terletak di daerah Cigadung Selatan, Bandung ini sangat unik, karna di bangun denga botol. Ya botol-botol bekas yang di susun. Rumah yang memenangi kontes Green Design Award 2009 yang diselenggarakan oleh BCI Asia ini dibangun dengan bahan dasar botol bekas minuman berenergi. Selain ramah lingkungan, rumah yang berdiri kokoh di atas lahan seluas 373 meter ini juga disinyalir dapat menghemat energi. Sebab dinding rumah yang terbuat dari 30.000 botol bekas ini terbuat dari kaca sehingga membuat sinar matahari lebih mudah masuk dan dapat memancarkan cahaya dengan sangat terang pada siang hari.


Rumah Unik Di Indonesia (Misteri)



1. Istana Wong Sinting


Rumah ini milik Paranormal (Bukan Orang Gila) nyentrik dan genit serta pandai melawak dan bernyanyi, siapa lagi kalau buka Ki Joko Stupit, eh salah... Ki Joko Bodo. Paranormal yang tidak tampak seram namun menggemaskan ini memiliki selera seni yang sangat tinggi (selain selera gaibnya). Bisa di lihat dari desai rumahnya, yang Dia beri nama "Istana Wong Sinting" yang artinya "Istana Orang Gila". Rumah nyentrik senyentrik orangnya ini terletak di daerah Jakarta Timur.


Menurut warga sekitar, jika mereka lewat di depan rumah Ki Joko Bodo ini, mereka sering melihat penampakan mahluk halus. Desain rumahnya memang megah dan agak seram, di bagian depan ada patung burung hantu yang besar dan patung naga pada atap rumah. Nilai seni sangat tinggi tak kalah dengan nilai mistis dan horornya. Di dalam rumah ini Ki Joko Bodo juga membuat sebuah gua, dan gua tersebut pernah di jadikan tempat uji nyali di salah satu program televisi. Ini dia videonya :


Masih Dunia Lain Episode Rumah Ki Joko Bodo


2. Rumah Gurita Di Bandung


Ruamh gurita, di beri nama demikian karna pada atap rumah terdapat patung gurita yang besar. Unik memang gurita tersebut berwarna hitam. Warga sekitar tak banyak yang tahu tentang rumah tersebut dan banyak rumor negatif yang beredar. Mulai dari rumah berhantu, hingga tempat pemujaan setan.

Tak banyak yang tahu keadaan di dalam rumah tersebut dan ada beberap orang yang dapat mengambil foto dari kejauhan. Namun hal misterinya, ketika ingin mengambil foto dari jarak dekat kamera mereka tiba-tiba error dan tak bisa di gunakan, hmmm... Menarik. Ini beberapa foto rumah tersebut dari kejauhan dan di zoom.


Pintu Depan Rumah Gurita.


Kaca Belakang Rumah Gurita.


Itulah foto dari Depan dan Kaca Belakang rumah Gurita. Konon katanya di rumah tersebut terdapat sebuah sekte sesat, pemuja setan. Dan para pemeluk kepercayaan ini bisa melakukan hubungan sex bebas sesama pengikut yang lainnya. Hal ini sempat heboh dan di muat di beberapa media massa. Dan ini salah satu videonya :




Itu dia tadi salah satu videonya, sang pemilik rumah membantah akan adanya sekte sex bebas di rumahnya tersebut. Selain itu rumah ini dapat di capai hanya melalui rumah seorang yang bernama Frans, selain itu tak ada jalan masuk lain ke rumah tersebut. Unik ya? Yah, biarlah tetap menjadi misteri, toh bukan rumah saya.