(jelajahunik) Kawasaki Z250 dan Suzuki Inazuma bakal saling gontok-gontokan di Indonesia. Kedua motor tersebut memiliki kapasitas mesin sama yakni 250 cc 2 silinder.
Melirik model Kawasaki Z250. Mungkin Anda sedikit terkesima dengan model naked bike satu ini. Dari segi desain, Kawasaki Z250 lumayan menggugah selera. Penampilannya bisa dibilang anak muda 'banget' di mana aura sporty sangat kental di tubuh motor satu ini.
Sedangkan Inazuma, motor mesin dengan kapasitas 250 cc berikut juga tak kalah menarik.
Bisa dibilang Kawasaki Z250 di atas angin karena dari segi model Kawasaki Z250 paling menyakinkan. Sementara Suzuki Inazuma diilhami motor 'street bike' khusus turing. Jadi motor satu ini juga sangat cocok penggila motor berjiwa muda.
Nah, biar gak bingung mau pilih yang mana, detikOto akan membandingkan kedua motor ini dari spesifikasinya.
- Desain
Kawasaki Z250 ditampuk sebagai naked bike sedangkan Inazuma motor 'street bike' khusus turing.
Posisi pengguna motor Inazuma agak tegap sedangkan lawannya agak membungkuk sedikit karena bentuk setang agak pendek ketimbang punya Inazuma.
Posisi boncenger Kawasaki Z250 agak tinggi. Soalnya kursi belakang pada motor ini model terpisah seperti pada Ninja 250. Dan lawannya, titisan B-King ini ternyata posisi boncenger tidak terlalu tinggi sebab motor ini menggunakan single seater.
Posisi boncenger Kawasaki Z250 agak tinggi. Soalnya kursi belakang pada motor ini model terpisah seperti pada Ninja 250. Dan lawannya, titisan B-King ini ternyata posisi boncenger tidak terlalu tinggi sebab motor ini menggunakan single seater.
- Dimensi
Kawasaki Z250 memiliki ukuran PXLXT (2.010 mm x 750 mm x 1.025 mm) dengan wheelbase 1.400 mm dan ketinggian kursi 785 mm.
Sementara Inazuma memiliki PXLXT (2.145 mm x 760 mm x 1.075 mm) tinggi jok 780 mm.
Sementara Inazuma memiliki PXLXT (2.145 mm x 760 mm x 1.075 mm) tinggi jok 780 mm.
- Tenaga Mesin
Kawasaki Z250 dan Inazuma sama-sama mengggunakan mesin 250 cc 4 langkah 2 silinder fuel injection.
Mesin DOHC Kawasaki Z250 bisa melontarkan tenaga maksimum 32 Ps pada 11.000 rpm dan torsi 21,0 Nm pada 10.000 rpm dan perbandingan kompresi 11.3 : 1.
Inazuma dilengkapi mesin 2 silinder SOHC kapasitas 250 cc 4 langkah fuel-injection, dengan tenaga 24 PS pada 8.500 rpm, dan torsi 22 Nm pada 6.500 rpm dan perbandingan kompresi 11,5 : 1.
Mesin DOHC Kawasaki Z250 bisa melontarkan tenaga maksimum 32 Ps pada 11.000 rpm dan torsi 21,0 Nm pada 10.000 rpm dan perbandingan kompresi 11.3 : 1.
Inazuma dilengkapi mesin 2 silinder SOHC kapasitas 250 cc 4 langkah fuel-injection, dengan tenaga 24 PS pada 8.500 rpm, dan torsi 22 Nm pada 6.500 rpm dan perbandingan kompresi 11,5 : 1.
- Rangka, Ban dan Rem
\
Rangka
Kawasaki Z250 hadir dengan rangka tube diamond baja yang dikawinkan dengan suspension depan 317 mm telescopic fork, dan suspensi belakang bottom-link Uni-Trak yang dipadukan dengan 5 pengaturan posisi.
Dan untuk Suzuki Inazuma menyematkan semi double cradle dengan penyanggah bawah mesin. Jadi mesin ada dudukannya. Rangka ini disematkan suspensi depan teleskopik, per ulir dan suspensi belakang lengan ayun single suspensi (per ulir). Keduanya sama-sama memiliki kemampuan menghadapi jalan rusak dan bergelombang.
Tapak ban
Sebagai naked bike, ban juga harus disempurna. Untuk itu Kawasaki membenamkan ban depan 110/70-17 M/C (54S), dan ban belakang 140/70-17 M/C (66S). Dan untuk rival beratnya menggunakan ukuran ban depan 110/80-17M/C 57H dan ukuran ban belakang 140/70-17M/C 66H.
Penghalau laju
Mesin yang lumayan besar harus disokong dengan sistem pengereman handal. Kawasaki Z250 dan Inazuma lumayan untuk hal sistem pengereman. Untuk Kawasaki Z250 menggunakan rem depan single disc ukuran 290 mm dengan 2 piston caliper, dan rem belakang diperkuat dengan single disc 220 mm plus dual-piston caliper
Suzuki Inazuma tak mau kalah. Motor satu ini diperkuat dengan sistem pengereman double disc yang masing-masing diapit 2 piston caliper
Kawasaki Z250 hadir dengan rangka tube diamond baja yang dikawinkan dengan suspension depan 317 mm telescopic fork, dan suspensi belakang bottom-link Uni-Trak yang dipadukan dengan 5 pengaturan posisi.
Dan untuk Suzuki Inazuma menyematkan semi double cradle dengan penyanggah bawah mesin. Jadi mesin ada dudukannya. Rangka ini disematkan suspensi depan teleskopik, per ulir dan suspensi belakang lengan ayun single suspensi (per ulir). Keduanya sama-sama memiliki kemampuan menghadapi jalan rusak dan bergelombang.
Tapak ban
Sebagai naked bike, ban juga harus disempurna. Untuk itu Kawasaki membenamkan ban depan 110/70-17 M/C (54S), dan ban belakang 140/70-17 M/C (66S). Dan untuk rival beratnya menggunakan ukuran ban depan 110/80-17M/C 57H dan ukuran ban belakang 140/70-17M/C 66H.
Penghalau laju
Mesin yang lumayan besar harus disokong dengan sistem pengereman handal. Kawasaki Z250 dan Inazuma lumayan untuk hal sistem pengereman. Untuk Kawasaki Z250 menggunakan rem depan single disc ukuran 290 mm dengan 2 piston caliper, dan rem belakang diperkuat dengan single disc 220 mm plus dual-piston caliper
Suzuki Inazuma tak mau kalah. Motor satu ini diperkuat dengan sistem pengereman double disc yang masing-masing diapit 2 piston caliper
- Harga
Bila Kawasaki melepas Z250 dengan harga Rp 48,5 juta, Suzuki memiliki keunggulan karena meski berada di kelas yang sama, motor Suzuki dilepas dengan harga lebih murah yakni Rp 46 jutaan saja.
Sumber: detikOto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar