Kamis, 05 April 2012

Inilah Tempat Paling Sunyi di Dunia



“Diam adalah emas”, namun ada sebuah ruangan di AS yang begitu sunyi dimana tak ada yang tahan untuk tinggal lebih lama. Manusia terlama yang bertahan dalam ‘ruang anechoic’ di Laboratorium Orfield, Minneapolis Selatan ini tercatat hanya 45 menit.

Dalam ruang anechoic, 99,99 persen suara diserap, dan telah tercatat dalam Guinness World Record sebagai tempat di dunia yang paling sunyi. Bila terlalu lama orang tinggal di ruang ini akan mulai berhalusinasi.

Untuk mencapai kesunyian ekstrem, ruangan ini tersusun dari fiberglas akustik setebal 3,3 kaki, dinding ganda dari baja dan beton setebal 1 kaki.

“Kami menantang Anda untuk duduk di ruang ini dalam gelap, seorang wartawan tinggal di sana hanya tahan selama 45 menit,” kata Steven Orfield pemimpin dan pendiri perusahaan ini kepada Mail Online.

Ruang kedap suara ini digunakan perusahaan di seluruh AS, termasuk NASA untuk mengujicoba para astronotnya. Juga digunakan banyak produsen yang menguji seberapa nyaring produk mereka. (www.pikiran-rakyat.com)