Senin, 22 Oktober 2012

5 Hewan Terkecil di Dunia


(jelajahunik.us) Di dunia ini terdapat jutaan jenis hewan. Dari hewan yang hidup di air dan di darat. Dengan segala jenis bentuk dan warna yang luar biasa indah. Beberapa jenis hewan ada yang memiliki ukuran yang kecil karena memang faktor genetik atau kecacatan saat lahir. Berikut adalah 5 hewan yang memiliki bentuk yang terkecil di dunia.
1. Anjing Terkecil di Dunia : 12.4 Cm
anjing terkecil
Dengan berat 0.6 kilogram dan panjang 12.4 cm, Ducky, seekor chihuahua dari Charlton (Massaschusetss, USA), memegang rekor dunia Guinness untuk anjng terkecil di dunia yang hidup (berdasarkan tinggi). Ducky mengalahkan Danka Kordak, anjing yang berasal dari Slovakia, seekor Chihuahua yang berukuran 13.7 cm.
2. Ular Terkecil di Dunia : 10.1 cm
Ular Terkecil
Leptotyphlops carlae adalah spesies ular yang terkecil di dunia. Dengan ukuran dewasanya panjangnya dibawah 10 Cm. Ditemukan di Barbados, Pulau karibia. Ular ini yang setipis spagheti ditemukan oleh Blair Hedges.
3. Ikan Terkecil di Dunia : 7.9 mm
Ikan Terkecil
Pada tahun 2006, ikan terkecil di dunia ditemukan pulau Sumatra, Indonesia. Ikan yang memiliki nama latin Paedocypris Progenetica ini berukuran hanya 7.9 mm. Ikan ini sedikit lebih besar dari ikan Angler Photocorynus Spiniceps yang berukuran 6.2 mm dan Schindleria Brevipinguis, namun kedua hewan tersebut lebih tepat disebut parasit dibandingkan dengan ikan.
4. Kuda Terkecil di Dunia : 43.18 cm
Kuda Terkecil
Kuda kecil ini merupakan kuda milik Paul dan Kay Goessling, yang merupakan spesialis dalam menternakan kuda mini. Namun untuk spesies kuda mini, Thumbelina, nama si kuda mini ini termasuk kecil untuk kuda mini seukurannya. Dengan ukuran 43 cm dan berat 27.2 kilogram, Thumbelina yang berumur 5 tahun ini dinobatkan sebagai kuda terkecil di dunia.
5. Kucing Terkecil di Dunia : tinggi 15.5 cm dan panjang 49 cm
Kucing Terkecil
Kucing dengan nama Mr. Peebles ini berumur 2 tahun namun hanya memiliki tinggi 15.5 cm dan panjang 49 cm. Dan dinobatkan sebagai kucing terkecil di dunia pada tahun 2004.