Jumat, 23 November 2012

Pembuatan Kertas Dari Kotoran Gajah



(jelajahunik.us) Taman Safari Indonesia di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki sekitar 40 gajah yang setiap harinya menghasilkan limbah kotoran hingga 2 ton.
Limbah berupa kotoran gajah sebagian ditampung di tempat khusus yang kemudian dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. 
Selama ini kotoran gajah di Taman Safari hanya dimanfaatkan untuk pupuk kompos namun sejak dua bulan terakhir mereka mulai memanfaatkannya untuk membuat kertas daur ulang. 
Berikut langkah -langkah pengolahan limbah kotoran gajah menjadi kertas :

1. Sebelum dijadkan sebagai bahan baku pembuatan kertas, kotoran gajah harus dicuci terlebih dulu untuk kemudian diambil seratnya. 


2. Serat kotoran gajah yang telah dipilih kemudian direbus selama kurang lebih satu jam untuk menghilangkan bau dan memastikan kebersihan serat dari kotoran gajah ini.


3. Kotoran gajah bukanlah bahan satu-satunya dalam pembuatan kertas daur ulang ini, dengan komposisi yang telah ditentukan, petugas mencampurkan kertas bekas sebagai bahan tambahan.


4. Kertas yang sudah berbentuk bubuk kemudian dicetak dengan ukuran sekitar 40x50 cm. Di tahap ini sudah tidak lagi terlihat bahwa bubuk berasal dari limbah yang sangat kotor. 


5. Lembaran kertas yang sudah berbentuk ini kemudian dijemur di dalam ruangan yang diberi atap transparan dan tidak terkena sinar matahari langsung. Setiap hari setidaknya ada 210 lembar kertas yang bisa mereka hasilkan.

8. Amplop yang terpampang ini merupakan modifikasi dari pemanfaatan kertas yang bahannya sebagian menggunakan kotoran gajah.