Kamis, 17 Januari 2013

Gereja Cantik, Arsiteknya Dibutakan Agar Tak Bikin Bangunan Lain



Katedral Santo Basil, Moskow, Rusia (Foto: sanpaulo)
TEMPAT-tempat berikut ini adalah beberapa atraksi wisata paling terkenal di dunia. Selain karena sejarahnya, ternyata tersimpan banyak mitos dan legenda di baliknya.  

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Listverse:

Katedral Santo Basil, Rusia 

(jelajahunik) Katedral Santo Basil adalah gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moskwa, yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia. Katedral ini terkenal sebagai ikon Rusia dan Moskow juga merupakan tempat wisata yang mahsyur. 

Bangunan ini tidak begitu besar, dan terdiri dari sembilan kapel yang dibangun dengan fondasi tunggal. Yang paling unik adalah kubah-kubahnya berbentuk bawang dan berwarna-warni, tidak seperti bentuk gereja pada umumnya. 

Gereja ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO karena keunikan bentuk bangunannya. Namun, ternyata ada mitos unik di balik pembangunannya. 

Gereja ini dibangun pada 1555-1561 di bawah perintah penguasa Rusia ketika itu, Ivan the Terrible. Kabarnya, setelah gereja dibangun, Ivan membutakan mata arsitek yang membangun gereja ini agar dia tidak membuat bangunan lain yang lebih indah dari gereja ini! 

Namun, menurut sejarah, seabad dan empat tahun setelah kematian Ivan, sang arsitek kembali menambahkan beberapa bangunan lagi di gereja ini. Hal ini membuktikan bahwa kabar dia dibutakan oleh Ivan hanyalah isapan jempol.
sumber