Kamis, 07 Maret 2013

Empat Surat Einstein Dihargai Rp 112 Juta-an


(jelajahunik) Meski sudah wafat sejak tahun 1955, segala hal mengenai Albert Einstein masih menarik perhatian. Kali ini empat surat yang ditulis penemu teori relativitas itu dihargai Rp 112 juta-an dalam sebuah lelang.

Surat Einstein ini ditujukan kepada filsuf sosialis bernama Corliss Lamont pada tahun 1954. Saat penulisan surat itu, Lamont merupakan sosok yang dicerca senator Joseph McCarthy karena dianggap "kurang Amerika". Pasalnya, Lamont mencetuskan ide bahwa AS harus menjalin kerja sama lebih erat dengan Uni Soviet.

Keempat surat Lamont dari Einstein ditemukan dalam yard sale dan dijual kepada tiga penawar berbeda. Total penjualan mencapai 7.688,70 poundsterling atau sekitar Rp 112 juta, demikian angka resmi yang dikeluarkan badan lelang, PFC Auctions, Jumat (1/3/2013) lalu.

Menurut juru bicara PFC Auctions, satu surat terjual kepada pembeli di AS, dua surat untuk satu pembeli di Inggris Raya, dan satu surat tersisa untuk penawar dari Guernsey.

Surat pertama tertanggal 2 Januari 1954, berisi mengenai pujian Einstein kepada Lamont. Namun, ada satu petikan surat yang menyebut kekecewaannya.

"Ada satu titik dalam pernyataan Anda yang saya sesali, yakni mengenai klaim diri bahwa Anda bukanlah anggota Partai Komunis. Dalam hal kepartaian, bukan kewajiban seorang warga negara untuk menjelaskannya," demikian bunyi petikan surat tersebut.

Surat itu diketik dan ditandatangani tinta hitam tertulis "A Einstein". Sementara dalam surat terakhir—keempat, Einstein berterima kasih atas sumbangan uang yang diberikan Lamont dan "akan digunakan untuk hal-hal penting".